Tiga Terdakwa Penipuan Penerimaan Mahasiswa FK Undip Jalani Sidang Vonis

Tiga Terdakwa Penipuan Penerimaan Mahasiswa FK Undip Jalani Sidang Vonis, Jumat (31/8/2018).

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Hesty Imaniar

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Tiga terdakwa perkara penipuan terhadap Mus yang dulu menjanjikan masukkan anaknya ke fakultas Kedoktaran Undip menjalani sidang vonis. Tiga terdakwa itu divonis berbeda-beda, Jumat (31/8/2018).

Sidang majelis dipimpin oleh Hakim Ketua Antonius Wididjantono. Tiga tedakwa dianggap terbukti melanggar Pasal 378 KUHP Junto Pasal 55 Ayat 1 KUHP tentang penipuan.

Adapun putusan untuk terdakwa Yunie Suharwati alias Ayu Binti Harsono, ia mendapat vonis pidana 10 bulan penjara. Sedangkan dua terdakwa lainnya, yakni Ermin Sri Giarsih binti Soewandi dan Supriyanto bin Supardi masing-masing dipidana 7 bulan penjara.

"Benar vonisnya demikian dan memang vonisnya lebih rendah dari tuntutan kami, tapi beban biaya perkara tetap sama sesuai yang kami bebankan," kata Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Kota Semarang, Sutardi, Jumat (31/8/2018).

Lebih lanjut, Sutardi menjelaskan, sebelumnya pihaknya menuntut pidana kepada ketiga terdakwa masing-masing selama 1 tahun penjara.

Menurutnya, semua pihak menerima hasil putusan itu.

Disisi lain, disampaikan oleh, Ketua II Forum Peduli Hukum dan Keadilan (FPHK), Bambang Riyanto, menilai vonis tersebut, terdapat kejanggalan.

"Kami menilai, baik dalam tuntutan dan putusan, hasilnya aneh sekali, sebab, sejumlah saksi fakta sempat tidak kunjung hadir di persidangan, kemudian hadir di akhir sidang. Selain itu, kerugian kasusnya miliaran rupiah, namun tuntutan dan vonisnya sangat rendah, dan itu tidak sebanding," ungkapnya.

Korban, yakni Mus dirugikan oleh ketiga terdakwa, hingga mencapai nominal Rp 1,5 miliar. Namun, dari kerugian tersebut, ketiga terdakwa, lanjutnya, hanya dihukum dalam jangka waktu yang pendek. (*)

Penulis: hesty imaniar
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved