Kreatif, Mahasiswa Unsoed Sulap Cangkang Telur untuk Netralisasi Logam Berat dalam Air

Cangkang telur bebek selama ini menjadi limbah yang lebih banyak terbuang karena dianggap tak berguna

Kreatif, Mahasiswa Unsoed Sulap Cangkang Telur untuk Netralisasi Logam Berat dalam Air
Istimewa
Kelompok penelitian mahasiswa Usoed yang diketuai oleh Bagus Dwi Setiawan dan anggota Oviana Rizky serta Namira Fadhilah meneliti cangkang telur untuk menetralisir logam berat dan keasaman air, 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG COM - Cangkang telur bebek selama ini menjadi limbah yang lebih banyak terbuang karena dianggap tak berguna.

Tetapi siapa sangka, limbah itu ternyata bisa dimanfaatkan untuk menetralisir air dari kandungan logam berat dan tingkat keasaman.

Penelitian mengenai hal itu mengantarkan kelompok penelitian mahasiswa Jurusan Farmasi Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) lolos sebagai peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-31 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), akhir Agustus 2018 ini.

Kelompok penelitian mahasiswa yang diketuai oleh Bagus Dwi Setiawan dan anggota Oviana Rizky serta Namira Fadhilah ini berhasil menyisihkan ribuan mahasiswa lain dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Tim peneliti tersebut berhasil mendapatkan dana penelitian dari Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti untuk melakukan penelitian melalui Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM-PE) tahun 2018.

Ketua tim penelitian Bagus Dwi Setiawan mengatakan, ketertarikan pihaknya meneliti cangkang telur bebek dilatarbelakangi keinginan untuk mengangkat potensi lokal.

Produksi cangkang telur bebek di masyarakat selama ini cukup melimpah, baik dari limbah rumah tangga maupun usaha mikro. Sayang, keberadaannya lebih sering dianggap limbah sehingga banyak terbuang.

Pemanfaatan cangkang telur sebatas untuk bahan baku industri kerajinan tangan.

Di sisi lain, penelitian ini dilatarbelakangi keprihatinan terhadap permasalahan kesehatan akibat kualitas air yang buruk.

Halaman
123
Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved