Asian Games 2018

Dihadiri 30 Ribu Pengunjung, Kapolri: Pengamanan Empat Lapis

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan, pengamanan acara penutupan Asian Games 2018, Minggu (2/9) dibagi empat lapis.

Dihadiri 30 Ribu Pengunjung, Kapolri: Pengamanan Empat Lapis
TRIBUN JATENG/AKHTUR GUMILANG
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian saat di Gedung Catur Prasetya Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, pada Senin (2/4/2018). 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan, skema pengamanan acara penutupan Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan pada Minggu (2/9) akan dibagi ke dalam empat lapis.

Lapisan pertama berada di dalam area Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), tempat acara berlangsung.

"Kita bagi menjadi empat ring, ring 1 di dalam GBK, itu yang bertanggungjawab Panglima TNI (Marsekal Hadi Tjahjanto), kan ada VIP di sana, ada presiden," ujar Tito Karnavian. Kemudian, lapisan kedua berada di luar SUGBK dan diisi dari jajaran kepolisian.

Pemain sepak takraw putra Indonesia memberikan penghormatan kepada penonton saat pertandingan penyisihan tim beregu putra cabang olahraga sepak takraw Asian Games 2018 di GOR Ranau, Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Senin (20/8/2018).
Pemain sepak takraw putra Indonesia memberikan penghormatan kepada penonton saat pertandingan penyisihan tim beregu putra cabang olahraga sepak takraw Asian Games 2018 di GOR Ranau, Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Senin (20/8/2018). (NOVA WAHYUDI/INASGOC)

Sementara, petugas di lapisan ketiga akan menjaga area festival. "Kalau di dalam SUGBK nanti ada 40.000 pengunjung, di luar nanti ada pasar festival yang menjual makanan dan produk Asian Games, kurang lebih ada 30.000 pengunjung," terangnya.

Lapisan terakhir berada di luar area SUGBK. Nantinya, Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri) bertanggungjawab mengatur kondisi dan pengalihan lalu lintas.

"Seperti kemarin ya Asia Afrika ditutup, kemudian Jalan Pemuda di depan TVRI juga ditutup. Nah, penutupan ini mungkin nanti akan berimbas kepada jalan-jalan lain sehingga akan diatur pengalihan arus," jelas Tito.

Total personil yang diturunkan untuk mengamankan penutupan Asian Games 2018 sejumlah 9.422 orang.

Tim tersebut terdiri dari beberapa instansi, seperti Polri, TNI, Pemda satpol PP, Damkar, ambulan dan lain-lain.

Tito pun berharap pengamanan keseluruhan acara Asian Games 2018 dapat berjalan maksimal hingga akhir pagelaran.

"Setelah hari Minggu acara penutupan nanti, masih ada waktu sekitar 3 hari pengamanan untuk membantu para tamu-tamu kita ini untuk pulang ke negara masing-masing, kita akan permudah mereka," ucap dia. (Tribunjateng/cetak/Tribun Network/jid/yan/kps/wly)

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved