Asian Games 2018

Video Jokowi-Prabowo Pelukan Diputar Saat Penutupan Asian Games 2018

Hujan yang mengguyur Jakarta saat closing ceremony di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Minggu (2/9) malam

Video Jokowi-Prabowo Pelukan Diputar Saat Penutupan Asian Games 2018
Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PB IPSI Prabowo Subianto bersama-sama memeluk atlet pencak silat putra Indonesia Hanifan Yudani Kusuma di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (29/8/2018). 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA ‑ Hujan yang mengguyur Jakarta saat closing ceremony di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Minggu (2/9) malam, tidak menyurutkan warga untuk datang. Berbondong‑bondong warga terus berdatangan meski harus rela berbasah‑basahan diguyur hujan.

Pada pukul 18.00 cara penutupan Asian Games 2018 resmi dimulai di Gelora Bung Karno (GBK). Namun, sejak sekiranya pukul 16.30, hujan lebat mengguyur kawasan Gelora Bung Karno. Hingga pukul 18.30, hujan masih mengguyur kawasan Gelora Bung Karno, namun acara penutupan Asian Games tetap berjalan sesuai rencana.

Closing ceremony dimulai sekitar pukul 19.00 dibuka oleh penampilan marching band dari Akademi Kepolisian dan Militer Republik Indonesia seraya menyanyikan lagu Indonesia Raya diikuti oleh masyarakat yang hadir. Parade of Nations, parade bendera 45 peserta Asian Games 2018, kemudian masuk ke dalam Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK).

Atlet pencak silat peraih medali emas, Hanifan Yudani Kusumah menjadi pembawa bendera Indonesia. Semua kontingen negara peserta Asian Games 2018 baik atlet, pelatih serta ofisial mengenakan jas hujan. Iring‑iringan ditutup dengan parade dari sekumpulan relawan atau volunteer Asian Games, sebagai ucapan rasa terima kasihnya yang telah membantu prosesi kelancaran pesta olahraga terbesar kedua di Asia ini.

Tak ketinggalan, maskot Asian Games 2018 Atung, Kaka, dan Bhin‑Bhin. Selanjutnya penampilan Isyana Sarasvati dengan lagunya Asia's Who We Are, seraya menampilkan video highlight dari cabang olahraga yang bertanding. Salah satunya ialah pemutaran slide foto dari Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto yang berpelukan bersama Hanifan.

Presiden Joko Widodo, yang tengah berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat, memberikan sambutan pada penutupan Asian Games melalui rekaman video. Dalam video itu, Jokowi berada di dalam tenda pengungsi bersama korban gempa Lombok. Jokowi dalam sambutannya di video, mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk membantu korban gempa Lombok, yang sedang mengalami masa sulit akibat gempa yang menerjang beberapa waktu lalu.

"Mari kita berdoa bersama untuk saudara‑saudara kita di Lombok mengirimkan energi yang positif supaya dapat kembali pulih dan lebih baik dari sebelumnya," kata Jokowi, yang berbicara didampingi Gubernur NTB, Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi.

Sementara itu Presiden OCA, Sheik Ahmad Al‑Fahad Al‑Sabah memberikan ucapan terima kasih kepada Indonesia yang sukses menyelenggarakan Asian Games ke‑18. Ia juga mengatakan Indonesia, khususnya Jakarta, layak dijadikan sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.

Di sela‑sela pidato berbahasa Inggris, Al‑Sabah menyelipkan kalimat berbahasa Indonesia. "Indonesia terima kasih banyak. Kami cinta kalian," ucap Al‑Sabah dalam bahasa Indonesia.
Secara mengejutkan, Al‑Sabah lalu membentuk heart symbol dengan kedua tangannya. Aksinya ini mendapat sambutan meriah dari para penonton. "We will never forget you. You will always in our heart. Kalian selalu di hati," katanya.

Pada kesempatan itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengembalikan obor Asian Games kepada Presiden OCA, dan meneruskannya kepada perwakilan negara penyelenggara Asian Games berikutnya, yakni China. Wali Kota Hangzhou, Xu Liyi, menerima obor dari Anies Baswedan. China akan menyelenggarakan Asian Games ke‑19 tahun 2022 di Hangzhou, China. (Tribunjateng/cetak/Tribun Network/dan/dwi/wly)

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved