Asian Games 2018

Thomas Bach Senang Indonesia Bersedia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia harus mulai menyiapkan diri untuk ikut bursa pencalonan tuan rumah Olimpiade 2032.

Thomas Bach Senang Indonesia Bersedia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032
bbc/biro pres kepresidenan
Kepada Jokowi, Presiden IOC Bach menyambut pencalonan Indonesia, dan mengatakan bahwa sukses Asian Games ini memberikan landasan kuat bagi Indonesia untuk mengajukan diri. 

TRIBUNJATENG.COM - Keberhasilan Indonesia menggelar Asian Games 2018 jadi bukti bahwa Indonesia layak menjadi tuan rumah Olimpiade.

Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia harus mulai menyiapkan diri untuk ikut bursa pencalonan tuan rumah Olimpiade 2032. Tapi, apakah pengalaman menyelenggarakan Asian Games sudah cukup?

Banyak hal yang harus disiapkan Indonesia, jika ingin ditunjuk menjadi tuan rumah Olimpiade, termasuk menyiapkan sarana dan prasarana yang ramah lingkungan.

Pengamat olahraga Budiarto Shambazy menuturkan Olimpiade 2024 di Paris, Prancis, akan menjadi kali pertama olimpiade yang ramah lingkungan.

Komite Olimpiade Internasional mewajibkan negara tuan rumah untuk menggelar pesta olahraga yang ramah lingkungan. Sudah pasti, ini menjadi tantangan tersendiri bagi Indonesia yang terkenal dengan polusi udaranya.

"Makin ke sana makin ada tuntutan untuk lebih green, lebih hijau, lebih bersih. Jadi bukan lagi menyediakan sekedar perlengkapan dan akomodasi untuk atlet, tapi juga lebih hijau," ujar Budiarto kepada BBC News Indonesia, Senin (3/9/2018).

Mantan Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Rita Subowo, mengatakan menyelenggarakan Olimpiade tentu jauh lebih berat dibandingkan Asian Games, tapi ia melihat ada peluang menjadi tuan rumah.

"Yang harus kita siapkan kan persiapan bidding, karena kita kan belum ditunjuk. Kita baru mengajukan diri kemudian kita harus mempersiapkan sarana dan prasarananya seperti apa,' ujar Rita.

Modal Besar

Suksesnya penyelenggaraan Asian Games 2018 sepertinya dianggap sebagai modal besar untuk perhelatan Olimpiade.

Halaman
1234
Editor: iswidodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved