DPRD Kota Semarang Minta Efisiensi Anggaran Tidak dari Kegiatan Penanganan Banjir dan Rob

Pemkot Semarang saat ini melakukan efisiensi karena mengalami defisit anggaran sekitar Rp 400 miliar.

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemkot Semarang saat ini melakukan efisiensi karena mengalami defisit anggaran sekitar Rp 400 miliar.

Efisiensi yang dilakukan di antaranya dengan memangkas dan membatalkan beberapa proyek pekerjaan yang tidak menjadi prioritas pada 2018 ini.

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Joko Santoso mengatakan, pihaknya sebenarnya sudah mengingatkan sejak awal terkait potensi defisit anggaran yang terjadi. Bahkan ia telah meminta agar Pemkot meniadakan kegiatan proyek yang tidak bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Alhamdulillah, rencana pembangunan sirkuit di Mijen ditiadakan pada 2018 ini. Namun itu pun belum mencukupi untuk menutupi defisit yang terjadi," kata Joko saat ditemui di kantor DPRD Kota Semarang, Rabu (5/9/2018).

Karena angka defisit masih besar, Pemkot Semarang kemudian membatalkan sejumlah proyek yang belum dilelangkan hingga September ini. Joko berharap, Pemkot jeli dalam melakukan pemangkasan anggaran agar memprioritaskan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Di antaranya anggaran kegiatan yang berkaitan dengan penanganan rob dan banjir. Itu PR tahunan dan jangan sampai dipotong untuk menutup defisit itu," pinta politisi Partai Gerindra itu.

Kegiatan proyek yang memungkinkan dilakukan pemangkasan, menurutnya, bisa dari belanja langsung misalnya pembebasan lahan dan proyek pembangunan yang masih bisa dikerjakan pada 2019 mendatang.

Selain melakukan efisiensi, Joko juga berharap Pemkot Semarang memacu dan meningkatkan pendapatan daerah untuk menutup defisit tersebut. Dalam hal ini Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) harus memaksimalkan penerimaan pajak dari berbagai objek agar dapat mengurangi beban anggaran.

"Saya kira Bapenda masih bisa meningkatkan pendapatan apalagi penerimaan pajak secara online juga belum dijalankan 100 persen," paparnya.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved