UNDIP Semarang Kembangkan Potensi Desa Sepakung

Dosen dan mahasiswa KKN Undip mengembangkan potensi Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.

UNDIP Semarang Kembangkan Potensi Desa Sepakung
ISTIMEWA
Tim Dosen dan Mahasiswa KKN Undip Mengembangkan Potensi Desa Sepakung agar Menjadi Destinasi Wisata Unggulan belum lama ini 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dosen dan mahasiswa KKN Undip mengembangkan potensi Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.

Desa Sepakung mempunyai potensi alam dan agrowisata berbasis tanaman organik.

Dosen Undip terdiri dari ketua tim, Dr. Suryanti,M.Si.didukung oleh anggota tim, Dr. Suzanna Ratih Sari, MM.,MA, dan Dr. Imam Setiono, M.Si.

Mahasiswa KKN Undip terdiri dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Teknik, Kesehatan Masyarakat, Ekonomika Bisnis, dan Kedokteran jurusan Ilmu Gizi.

Program yang dilaksanakan meliputi pelatihan dan pendampingan penanaman tanaman organik, pendampingan pengolahan hasil pertanian dan pengemas vacuum yang menjadi oleh-oleh khas desa Sepakung.
Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) ini dibiayai oleh Kemenristek Dikti.

"Kami memberdayakan ibu ibu setempat membuat makanan khas keripik daun pegagan yang bahan bakunya melimpah di desa tersebut. Kemudian produk kuliner lainnya yakni gula aren yang diolah menjadi grubi."ungkap ketua tim dosen, Dr.Suryanti, M.Si

Menurutnya, untuk mengolah bahan keripik daun pegagan diberikan bantuan alat peniris minyak sehingga kualitas keripik daun pegagan tetap terjaga.

"Di bidang pertanian, kami bersama tim memanfaatkan sumber air yang melimpah dengan mengkombinasikan pertanian dengan budidaya ikan yang disebut dengan Mina Padi."bebernya.

Suryanti mengatakan, keuntungan yang diperoleh yakni mampu meningkatkan hasil panen padi dan ikan. Selain itu juga menambah nilai keindahan desa Sepakung sebagai desa pariwisata.

“Kami berharap usaha yang sudah dilakukan masyarakat desa Sepakung bersama Tim Pengabdian Undip dapat terus berlanjut sehingga desa Sepakung menjadi destinasi wisata unggulan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat,"pungkasnya (*)

Penulis: Alaqsha Gilang Imantara
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved