6 Dampak Buruk Kurang Tidur bagi Kesehatan, Waspadalah!

Untuk diketahui, kurang tidur dikaitkan dengan obesitas, diabetes, penyakit kardiovaskular, dan masalah kesehatan lainnya.

Editor: m nur huda
ILUSTRASI KURANG TIDUR 

TRIBUNJATENG.COM - Kurang tidur dapat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan. Anda tidak bisa terus-menerus mengalami masalah tersebut jika tak ingin merasakan dampak buruknya.

Untuk diketahui, kurang tidur dikaitkan dengan obesitas, diabetes, penyakit kardiovaskular, dan masalah kesehatan lainnya. Simak di bawah ini.

1. Kerugian jaringan otak

Penelitian oleh Universitas Uppsala di Swedia menemukan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan hilangnya jaringan otak.

Kinerja memori telah terbukti berkurang secara signifikan pada orang yang kurang tidur.

Koordinasi, keseimbangan, dan waktu reaksi, juga diketahui berkurang pada orang yang kurang tidur secara kronis.

2. Risiko penyakit jantung

Kurang tidur dalam jangka pendek menyebabkan meningkatnya tekanan darah dan hormon stres, gula yang lebih rendah, dan bahkan menyebabkan detak jantung yang tidak teratur.

3. Diabetes

Menurut penelitian oleh University of Warwick, orang yang kurang tidur kurang dari enam jam per malam memiliki risiko tiga kali lipat memicu diabetes tipe II, stroke dan serangan jantung.

4. Depresi

Bukti menunjukkan bahwa orang dengan insomnia memiliki risiko lebih tinggi terkena depresi dibandingkan dengan mereka yang tidur nyenyak. 

5. Obesitas

Saat Anda kurang tidur hanya satu malam, Moms mungkin merasakan lapar yang lebih besar.

Tidur yang tidak cukup mengubah hormon sekresi yang mengatur rasa lapar dan kenyang, yang sering dapat menyebabkan makan berlebihan.

 
6. Kanker

Insomnia dalam jangka panjang dikaitkan dengan berkurangnya fungsi kekebalan tubuh. Ini juga menyebabkan munculnya beberapa jenis kanker.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Cancer Societymenemukan keterkaitan kanker dan kurang tidur.

Mereka yang tidur kurang dari enam jam per malam rata-rata memiliki hampir 50 persen peningkatan risiko adenoma kolorektal (kanker yang berkaitan dengan usus), dibandingkan dengan orang yang tidur setidaknya tujuh jam semalam.(nakita)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved