Pakai Ihram, 300 Siswa TK Bina Amal Melaksanakan Manasik Haji

Sedikitnya 300 anak siswa Paud dan TK Bina Amal Semarang mengikuti manasik haji di Firdaus Fatimah Zahra, Kecamatan Gunungpati

Pakai Ihram, 300 Siswa TK Bina Amal Melaksanakan Manasik Haji
ribun Jateng/Raka F Pujangga
Sedikitnya 300 anak siswa Paud dan TK Bina Amal Semarang mengikuti manasik haji di Firdaus Fatimah Zahra, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Sabtu (8/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Raka F Pujangga

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sedikitnya 300 anak siswa Paud dan TK Bina Amal Semarang mengikuti manasik haji di Firdaus Fatimah Zahra, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Sabtu (8/9/2018).

Setiap anak dibekali sebuah paspor untuk bisa masuk ke dalam tempat manasik haji yang dimulai dari replika Bandara King Abdul Aziz. Detail ruangan di bandara tersebut dibuat mirip dengan aslinya, misalnya seperti bentuk musala, toilet, dan konter imigrasinya.

Satu di antara siswa yang antusias itu yakni Deska Cenobio (3) yang sekolah di Paud Bina Amal 3. Dia bersama teman-temannya menggunakan ihram berwarna putih.

"Besok kalau ingin naik haji jadi mereka sudah tahu bagaimana cara melakukannya," kata orang tuanya, Ully Fitriati Manik‎.

Kepala Paud IT Bina Amal Semarang, Sakdiyah‎ menjelaskan, kegiatan manasik haji tersebut merupakan program tahunan yang rutin dilaksanakan setiap bulan dzulhijah.

"Ada tiga sekolah Paud dan TK yang ikut serta kami gabungkan di sini. Anak-anak didampingi orang tuanya dengan total pesertanya jadi 600 orang," kata dia.

Menurutnya, manasik haji yang digelar tersebut untuk melengkapi pemahaman anak tentang ibadah haji. Sehingga mereka tidak hanya mengetahui teori ibadah rukun Islam kelima tersebut.

"Anak-anak jadi termotivasi sejak usia dini untuk bisa mengikuti ibadah haji ke tanah suci," kata dia.

Pengawas TK UPT Pendidikan Kecamatan Semarang Selatan Dinas P‎endidikan Kota Semarang, Nunik Supriyati‎‎ mengatakan penanaman ibadah haji sejak kecil memiliki dampak yang positif untuk perkembangan anak.

Anak-anak bisa paham mengenai caranya beribadah haji karena mereka mempraktekkannya secara langsung.

"Anak jadi lebih paham mengenai ibadah haji, karena langsung mempraktekkannya," kata dia.(raf)

Penulis: raka f pujangga
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved