Begini Mengenali Gejala Thalassemia pada Anak dan Cara Menghadapinya

Orang tua harus peka terhadap kondisi kesehatan anaknya sehingga pemeriksaan laboratorium jadi satu-satunya alternatif.

Begini Mengenali Gejala Thalassemia pada Anak dan Cara Menghadapinya
tribunjateng/raka/cetak
Terkadang sejumlah orang tua, menghiraukan kondisi atau gejala umum yang terjadi kepada anaknya karena kelainan sel darah (Thalassemia) tersebut. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Banyak kasus meninggalnya anak pengidap Thalassemia terjadi karena ‎penanganan orang tua yang tidak tepat.

Terkadang sejumlah orang tua, menghiraukan kondisi atau gejala umum yang terjadi kepada anaknya karena kelainan sel darah (Thalassemia) tersebut.

‎Menurut Mas'udah (48), warga Kabupaten Rembang, orang tua harus peka terhadap kondisi kesehatan anaknya sehingga pemeriksaan laboratorium jadi satu-satunya alternatif.

‎Dia mengatakan, terlambat melakukan pemeriksaan kesehatan anaknya yang memiliki wajah pucat dan mudah lemas.

"Anak saya wajahnya pucat, tapi saya anggap biasa saja. Sampai usia 8 tahun anak ini tidak sadarkan hingga lima hari, baru ketahuan ternyata mengidap Thalassemia," ujar dia.

Dia pun rela ‎menjual barang-barang berharganya untuk mengobati anaknya yang saat itu masih belum terlindungi dengan asuransi kesehatan.

"Saya sampai jual rumah untuk mengobati anak saya. Karena saat itu belum punya BPJS Kese‎hatan atau Jamkesmas," kata dia.

Anaknya yang bernama Fatma Setianingrum itu tidak boleh terlalu capai dengan akti‎vitasnya sehari-hari. Sebab hal itu bisa berdampak untuk kesehatannya. Anaknya yang saat ini masih berusia 14 tahun itu pun masih harus rutin melalui beragam pengobatan dan cuci darah.

"Adiknya yang selisih lima tahun juga mengidap yang sama. Makanya saya mau punya anak lagi juga mikir-mikir, karena risiko mengalami yang sama pun besar," ujar dia.

‎Perjuangan anaknya untuk bisa menghadapi cobaan mengidap Thalassemia tersebut cukup besar, terutama saat transfusi darah.
Pasalnya Thalassemia merupakan kelainan genetik sehingga bukan penyakit yang bisa disembuhkan.

Halaman
123
Penulis: raka f pujangga
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved