Breaking News:

KECELAKAAN LALULINTAS

DETIK-DETIK Bus Pariwisata Ngebut di Turunan Masuk Jurang Tewaskan 21 Orang

"Pas mau masuk ke Bravo, itu ada turunan. Saya sudah ingatkan. Hati-hati pak. Sopir bilang, 'Oke'. Tiba-tiba bus loncat dan masuk jurang,"

Editor: iswidodo
KOMPAS.com/BUDIYANTO
Bus yang masuk jurang di Cikidang, Sukabumi, Jawa barat, Sabtu (8/9/2018). 

TRIBUNJATENG.COM, SUKABUMI - Sebuah bus pariwisata masuk jurang sedalam 25 meter di jalur alternatif Cikidang- Pelabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (8/9) siang, mengakibatkan 21 orang meninggal, termasuk sopir.

Para penumpang bus merupakan karyawan dealer motor PT Catur Putera Group Bogor yang hendak menuju tempat wisata Bravo Adventure Camp, Kampung Bantar Selang, Kecamatan Cikidang, dan berencana berwisata arung jeram di Sungai Citarik.

Dendi Kinong (45 th), pemandu wisata rombongan bus menceritakan, dirinya sudah mengingatkan kepada sopir bus untuk berhati-hati karena ada jalan menurun curam dan rawan kecelakaan pada beberapa saat sebelum kecelakaan.

Selain tanjakan dan turunan yang curam, juga terdapat tikungan tajam di jalur alternatif tersebut.

"Pas mau masuk ke Bravo, itu ada turunan. Saya sudah ingatkan. Hati-hati pak. Sopir bilang, 'Oke'. Tiba-tiba bus loncat dan masuk jurang," ungkap Dendi yang juga warga asal Cikidang itu.

Saat itu, bus bernomor polisi B 7025 SGA tersebut melintasi jalan berkelok dan menurun berbentuk letter S di Desa Cijambe, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi. Diduga sopir tak mampu mengendalikan busnya saat melewati jalan curam berbentuk letter S tersebut.

"Pas belokan, bus masuk ke jurang sebelah kanan. Kedalaman sekitar 25 meter," lanjut dia.

Menurut Dendi, bus itu mengangkut rombongan karyawan Catur Putra Grup (CPG) dari Bogor dengan penumpang berjumlah 31 orang dengan dua awak bus.

Rencananya, rombongan ini akan melaksanakan gathering perusahaan di operator arung jeram Bravo Adventure Camp di Cikidang. "Semuanya ada empat bus, tiga bus sudah duluan," ujarnya.

Dia mengatakan, bus yang mengalami kecelakaan ini merupakan bus rombongan terakhir yang bergerak dari arah Cibadak menuju Cikidang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved