Buka Fakultas Peternakan, Undip Akan Jadikan Kabupaten Batang Pusat Bibit Domba

Kabupaten Batang, memiliki berbagai potensi tidak hanya dari segi wisata namun juga di bidang peternakan khususnya peternakan domba.

Buka Fakultas Peternakan, Undip Akan Jadikan Kabupaten Batang Pusat Bibit Domba
Tribun Jateng/Dina Indriani
Wakil Rektor III, Budi Setiyono, saat memberikan kuliah perdana mahasiswa baru di Pendopo Kantor Bupati Batang, Senin (10/9/2018).  

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Kabupaten Batang, Jawa Tengah memiliki berbagai potensi tidak hanya dari segi wisata namun juga di bidang peternakan khususnya peternakan domba.

Untuk itu, Universitas Diponegoro (Undip) yang sudah dihibahkan tanah oleh Pemkab untuk mendirikan kampus di Batang akan khusus membuka Fakultas Pertanian dan Peternakan.

"Melihat potensi yang bagus di bidang peternakan khususnya peternakan domba yang cukup bagus di Batang, apalagi saat ini ditingkat nasional domba masih dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan," tutur Wakil Rektor III. Budi Setiyono, Senin (10/9/2018).

Dikatakannya, Fakultas Pertanian dan Peternakan nantinya akan menjadi pusat pendidikan khususnya yang memiliki spesifikasi dalam pengembangan domba.

"Beberapa waktu lalu kami telah presentasi dengan Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) dan sudah mengidentifikasi berbagai macam kemungkinan sains technopark apa yang tepat, mengerucut pada diskusi itu sehingga Batang nantinya akan menjadi pusat pembibitan domba, karna saat ini ditingkat nasional pun mencari pembibitan domba belum ada sentranya," jelasnya.

Setelah ditemukan science techno park yang tepat, Fakultas Peternakan Undip akan dilengkapi dengan laboratorium, kandang domba, pusat training, dan edukasi domba.

"Jadi tidak hanya untuk perkuliahan tapi ada lahan yang bisa sekaligus jadi eduwisata, pendidikan, pelatihan peternakan domba untuk mendukung apa yang akan kami canangkan di batang sebagai pusat pembibitan domba," pungkasnya. (din)

Penulis: dina indriani
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved