Asian Games 2018

KIRAB, Gubernur dan Kapolda Jalan Kaki Iringi Atlet-atlet Jateng Naik Delman

Sebanyak 20 jawara Asian Games 2018 Indonesia asal Jateng diarak berkeliling Kota Solo, Minggu (9/9)

KIRAB, Gubernur dan Kapolda Jalan Kaki Iringi Atlet-atlet Jateng Naik Delman
tribunjateng/daniel ari purnomo
Sebanyak 20 jawara Asian Games 2018 Indonesia asal Jateng diarak berkeliling Kota Solo, Minggu (9/9). Bak bangsawan keraton, mereka diboncengkan dalam belasan delman. Gubernur dan Kapolda jalan kaki mengiringi mereka 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Sebanyak 20 jawara Asian Games 2018 Indonesia asal Jateng diarak berkeliling Kota Solo, Minggu (9/9). Bak bangsawan keraton, mereka diboncengkan dalam belasan delman.

Arak-arakan dimulai dari lapangan Kota Barat menuju Jalan Slamet Riyadi. Antusias warga melihat para atlet pemenang itu tampak tinggi, kebetulan di jalan itu sedang digelar Car Free Day. Selanjutnya rombongan mengarah ke Jalan Dr Soepomo, lalu masuk Jalan Yosodipuro, dan berakhir di lokasi semula.

Peraih emas lomba panjat tebing, Aries Susanti Rahayu, menunggangi delman di barisan terdepan. Dia mendapat sorakan terbanyak ketika mengangkat dua medali emasnya.

Sebanyak 20 jawara Asian Games 2018 Indonesia asal Jateng diarak berkeliling Kota Solo, Minggu (9/9) Gubernur dan Kapolda jalan kaki mengiringi mereka
Sebanyak 20 jawara Asian Games 2018 Indonesia asal Jateng diarak berkeliling Kota Solo, Minggu (9/9) Gubernur dan Kapolda jalan kaki mengiringi mereka (tribunjateng/daniel ari purnomo)

Paras perempuan asal Grobogan itu tampak riang. Aries tak menyangka sambutan warga Kota Solo tak kalah ramai dengan tempat kelahirannya. Ia pun tak lupa berterimakasih.

"Terima kasih Solo. Terima kasih banget. Untuk pak Gubernur, Wali Kota, dan pihak yang turut menyelenggarakan sambutan untuk kami, terima kasih," tutur Aries setelah kirab.

Parade dimeriahkan pula sejumlah pejabat. Bedanya, kali ini para penggede itu kompak tak ingin terkesan merebut panggung spesial atlet untuk warga. Mereka bersepakat jalan kaki mengiringi kirab, bukan turut dalam barisan kereta kencana.

Beberapa pejabat yang turut dalam arak-arakan itu ada Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo; Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono; dan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

"Biasanya pejabat yang dinaikkan andong, sekarang atlet. Gubernurnya disuruh jalan. Tidak apa-apa, kami beri penghargaan mereka karena membanggakan negara," ujar Ganjar.

Senada, Condro Kirono menyatakan, para atlet pemenang layak mendapat kehormatan dan sanjungan masyarakat. Bahkan, ia lebih sering berada di dekat Aries untuk mengatur warga yang ingin mengabadikan momentum arak-arakan itu. "Aries, kamu berdiri ya, banyak yang mau foto," ucapnya, saat kirab.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo berujar, kirab atlet sengaja digelar dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas). Alasannya supaya lebih meriah.

"Jadi waktu kirab itu kami gabung dengan jalan sehat bareng ASN (Aparatur Sipil Negara) Kota Solo, dalam rangka jalan sehat Porwaso (Pekan Olahraga Warga Solo). Acaranya ramai dan lancar," jelasnya. (tribunjateng/jateng/dna)

Penulis: Daniel Ari Purnomo
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved