Breaking News:

Pembangunan Talut Pantai Depok Ujungnegoro Segera Terealisasi

Pembangunan Talut Pantai Depok Ujungnegoro Segera Terealisasi. Diketahui sebanyak 40 kapal milik nelayan terdampar

Penulis: budi susanto | Editor: iswidodo
tribunjateng/budi susanto
Diketahui sebanyak 40 kapal milik nelayan terdampar akibat pengendapan sungai yang dijadikan pintu gerbang melaut oleh para nelayan, di pantai Depok Ujungnegoro Kabupaten Batang 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Para nelayan di pesisir Pantai Depok Desa Ujung Negoro Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang kini bisa bernafas lega. Pasalnya setelah menunggu berbulan-bulan terkait pengajuan pembuatan talut kepada Pemkab Batang, kini aspirasi para nelayan akan ditindaklanjuti.

Diketahui sebanyak 40 kapal milik nelayan terdampar akibat pengendapan sungai yang dijadikan pintu gerbang melaut oleh para nelayan.

Pantai Depok Ujungnegoro tertutup sedimentasi sehingga kapal nelayan tak bisa melaut
Pantai Depok Ujungnegoro tertutup sedimentasi sehingga kapal nelayan tak bisa melaut (tribunjateng/budi susanto)

Akibat pendangkalan tersebut ratusan nelayan tak melaut sejak bulan Juni lalu, dan sebagian banting setir jadi buruh kasar.

Adapun Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Batang saat itu tengah mengajukan ke Pemprov Jateng terkait pembangunan talut agar sungai bisa dilalui kapal nelayan.

"Memang kami sudah ajukan, dan kini ditanggapi, pembangunan talut akan dilaksanakan bulan ini," kata Sugiatmo Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Batang, Kamis (13/9/2018).

Pihaknya menambahkan, pihak pengembang sudah siap karena proses lelang sudah ditentukan pemenangnya.

"Panjang talut 1,7 kilometer, dan tinggal menunggu proses pengerjaan. Namun, para nelayan masih harus bersabar karena matrial langsung didatangkan dari Malaysia," tambahnya.

Diketahui, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Batang mengeluarkan edaran tertanggal 25 Juni 2018, tentang dukungan pembuatan talut agar para nelayan bisa kembali melaut, tembusan tersebut disampaikan kepada Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Tata Ruang (Pusdataru) Provinsi Jateng. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved