Musibah Kebakaran

Kebakaran yang Melanda Lima Kapal di Pekalongan Utara sudah Dipadamkan

"Kapal yang terbakar ada yang siap melaut, dan diisi bahan bakar penuh jika dihitung liter berarti 7.000 liter solar

Kebakaran yang Melanda Lima Kapal di Pekalongan Utara sudah Dipadamkan
tribunjateng/budi susanto
Wakapolres Pekalongan Kota Kompol I Wayan Tudy saat ditemui Tribunjateng.com di lokasi kebakaran kapal, Senin (17/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Kobaran api yang melalap lima kapal di Kali Kupang, Panjang Wetan Kecamatan Pekalongan Utara akhirnya berhasil dijinakkan oleh petugas.

Walaupun petugas terkendala karena lokasi kebakaran tertutup rimbunnya pohon bakau dan rawa, namun kerja keras tim pemadam kebakaran yang dibantu warga sekitar dan Polres Pekalongan membuahkan hasil.

Budi Santosa satu di antara warga Panjang Wetan yang juga memiliki kapal menerangkan, tangki kapal 150 GT memiliki kapasitas berat 70 ton.

"Kapal yang terbakar ada yang siap melaut, dan pastinya diisi bahan bakar penuh jika dihitung liter berarti 7.000 liter solar ada di tangki kapal yang terbakar," ujarnya, Senin (17/9/2018) malam.

Ia menuturkan, jika api sudah padam solar bisa disedot, namun jika api masih besar tangki rawan meledak karena berada tepat di bawah dek kapal.

"Walaupun api membumbung tinggi, namun petugas cepat bertindak dan menyemprot bagian tengah kapal dimana tangki dibenamkan," katanya.

Adapun Wakapolres Pekalongan Kota Kompol I Wayan Tudy yang berada di lokasi, menuturkan, walaupun petugas harus berhadapan langsung dengan si jago merah namun akhirnya api berhasil dijinakkan.

"Walaupun api sudah tidak besar, namun kami tetap siaga, untuk mengantisipasi api membesar lagi," katanya.

Kompol Tudy menambahkan, kemungkinan pendinginan membutuhkan waktu cukup lama hingga esok hari.

"Karena kapal terbuat dari kayu dan fiber yang mudah terbakar, yang dikhawatirkan api kembali membesar karena sisa bahan bakar masih ada di tangki kapal," timpalnya. (*)

Penulis: budi susanto
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved