KREATIF! Warga Beringin Ngaliyan Ubah Limbah Koran Bekas Jadi Gaun yang Indah

Koran bekas biasanya dipakai untuk bungkus makanan atau bahkan dibuang begitu saja.

KREATIF! Warga Beringin Ngaliyan Ubah Limbah Koran Bekas Jadi Gaun yang Indah
ISTIMEWA
Warga berlenggak lenggok layaknya model dengan mengenakan gaun yang terbuat dari koran bekas. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Koran bekas biasanya dipakai untuk bungkus makanan atau bahkan dibuang begitu saja.

Namun, warga Kelurahan Beringin, Ngaliyan, Kota Semarang, justru menjadikan limbah koran tersebut sebagai bahan baku membuat gaun yang indah.

Gaun-gaun tersebut dibuat oleh warga dalam lomba Mendesain Pakaian Dari Koran Bekas yang digelar Pemerintah Kelurahan Beringin bekerja sama dengan pengelola Perumahan Panorama Banjaran Ngaliyan, akhir pekan kemarin.

Seorang warga peserta lomba dari RW 3 Kelurahan Beringin, Latifah Erwina Dahlia mengatakan, menghabiskan 30 eksemplar koran bekas untuk membuat gaun cantiknya.

Gaun dengan tema Karnival Art buatannya itu, kemudian ditambah aksesoris berupa sayuran pete di bagian bawahnya sehingga terlihat semakin indah.

"Dalam membuat gaun, saya tidak hanya menempel dengan lem. Tapi koran benar-benar saya jahit menggunakan mesin jahit seperti menjahit gaun. Sekitar 30 koran saya habiskan membuat satu gaun itu," katanya, Senin (17/9/2018).

Ia mengutarakan, kali pertama membuat gaun koran dengan melipat kertas koran yang sudah digunting kemudian dibentuk seperti contong es. Contong-contong es ia rangkai dan jahit menjadi sebuah gaun.

Lalu, Latifah menambahkan beberapa aksesoris yang ia ambil langsung dari kebun warga. Seperti pete, dewandaru, terong, belimbing, jambu dan lainnya.

"Hiasan sayuran dan buah-buahan itu hanya untuk mempercantik tampilannya saja. Karena kalau polos saja dengan kertas koran, gaunnya terlihat gersang tidak ada pernak perniknya," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved