Pemilu 2019

Tanggapan Bawaslu Tegal Terkait Tukang Becak Deklarasi Dukung Jokowi-Maruf Amin

Tanggapan Bawaslu Tegal Terkait Tukang Becak Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf, Senin (17/9/2018).

Tanggapan Bawaslu Tegal Terkait Tukang Becak Deklarasi Dukung Jokowi-Maruf Amin
tribunjateng/Akhtur Gumilang
Komisioner Bawaslu Kabupaten Tegal, Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga, Sri Anjarwati 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Bawaslu Kabupaten Tegal menanggapi terkait aksi deklarasi dukungan kepada capres cawapres Jokowi-Ma'ruf pada Pemilu 2019 oleh para ratusan tukang becak itu.

Tanggapan itu muncul karena disinyalir adanya kampanye di luar jadwal yang telah ditetapkan untuk Pemilu 2019, baik untuk Pilpres maupun Pileg.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Tegal, Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga, Sri Anjarwati menjelaskan bahwa masa kampanye untuk Pemilu 2019 sebenarnya dimulai 23 September 2018 hingga 13 April 2019.

Apabila ada aksi kampanye lebih cepat dari tanggal itu, Sri menyebut akan mengacu sesuai PKPU no 23 dan PKPU 28 tahun 2018 tentang kampanye.

"Jika curi start, kami akan mengacunya ke peraturan itu. Tapi, tunggu pembahasan selanjutnya karena perlu didiskusikan," terang Anjar kepada Tribunjateng.com, Senin (17/9/2018).

Dalam hal ini, pihak Bawaslu memang bersiaga di lokasi tempat deklarasi berlangsung, yakni di Taman Rakyat Slawi (Trasa), Kabupaten Tegal.

Adapun sekitar belasan petugas Bawaslu yang terdiri dari Pengawas Kecamatan, anggota, dan beberapa komisioner melihat langsung jalannya deklarasi untuk memeriksa.

"Dari kegiatan ini, sama sekali kami belum diberitahu. Kalau benar kampanye, seharusnya sehari sebelum kegiatan (H-1), pihak Parpol harus memberitahu dulu ke kami," ujar Anjar.

Namun sejauh tim di lapangan bekerja, pihaknya mengaku tidak menemukan satu pun perangkat kampanye yang tendesius ke partai politik peserta Pemilu tertentu.

Halaman
12
Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved