Pemilu 2019

Personel Polres Brebes Simulasi Pengamanan Jelang Pemilu 2019

Menghadapi pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang, Satuan Sabhara Polres Brebes

Personel Polres Brebes Simulasi Pengamanan Jelang Pemilu 2019
TRIBUNJATENG/MAMDUKH ADI PRIYANTO
Simulasi pengamanan pemilu yang dilakukan personel Polres Brebes, Selasa 18 September 2018 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Menghadapi pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang, Satuan Sabhara Polres Brebes terus meningkatkan porsi latihan pengendalian massa (dalmas).

Selain melibatkan personel dari Satuan Sabhara, kegiatan latihan dalmas juga melibatkan anggota staf Polres dan Polsek jajaran di halaman Mapolres Brebes, Selasa (18/9/2018).

Personel melakukan latihan teknik pengendalian massa. Sebelumnya, puluhan personel diberikan materi pelatihan yang akan dilaksanakan.

Sejumlah peralatan semisal rompi, tameng dalmas, dan tongkat disiapkan.

Kapolres Brebes, AKBP Sugiarto melalui Kasat Sabhara, AKP Guritno, menuturkan kegiatan ini untuk mengulas kembali pengamanan yang pernah dilakukan saat Pilgub Jateng 2018 lalu.

"Kami me-review atau me-refresh tata cara pengamanan pemilu. Mana yang boleh dan mana yang tak boleh dilakukan, kami ulas lagi untuk pengamanan Pileg dan Pilpres 2019," kata Guritno yang memimpin latihan simulasi.

Menurutnya, dari simulasi itu, petugas sudah memiliki gambaran apa yang akan dilakukan jika menghalau massa, dan kemungkinan terburuk jika terjadi bentrok massa.

Tujuannya, agar nantinya pelaksanaan pemilihan umum di Brebes dapat berjalan aman dan lancar.

Dengan giat itu, diharapkan kekuatan fisik personel terus terjaga dengan baik.

"Personel juga disiapkan untuk menghadapi demonstrasi yang menerjunkan massa dalam jumlah besar, serta mengantisipasi terjadinya anarkis," ujarnya.

Lalu, cara mengantisipasi kericuhan apabila terjadi saat pemungutan suara hingga perhitungan suara.

Mereka juga diberi wawasan pengawalan kotak suara yang akan didistribusikan dari TPS ke kantor kecamatan.

"Yang jelas terus kami ingatkan lagi agar petugas terus meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan porsi latihan untuk Pileg dan Pilpres 2019. Sehingga dengan banyak latihan, para personel akan mudah menghalau massa dan menghadapi masa peserta unjuk rasa," imbuhnya. (*)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved