Setelah Menang di MK, KPU Kota Tegal Harus Hadapi Sidang Dewan Kehormatan

Kubu tersebut menilai ada pelanggaran yang dilakukan KPU Kota Tegal dan pihak pemenang atau paslon nomor 3, Dedy Yon- Jumadi.

Setelah Menang di MK, KPU Kota Tegal Harus Hadapi Sidang Dewan Kehormatan
Tribunjateng.com/Mamdukh Adi Priyanto
Paslon nomor 4 Pilkada Kota Tegal, Habib Ali (kanan) dan Tanty Prasetyaningrum (kiri) saat debat Kota Tegal beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM,TEGAL- Mahkamah Konstitusi (MK) secara resmi tidak menerima atau menolak gugatan perkara perselisihan hasil pilkada (PHP) Kota Tegal pada sidang putusan di Gedung MK Jakarta, Senin (17/9/2018) kemarin.

Diketahui, perkara itu diajukan paslon nomor urut 4, yakni Habib Ali- Tanty Prasetyoningrum. Dalam gugatannya, pemohon menyatakan diduga ada sejumlah pelanggaran yang terjadi dalam Pilkada Kota Tegal.

Kubu tersebut menilai ada pelanggaran yang dilakukan KPU Kota Tegal dan pihak pemenang atau paslon nomor 3, Dedy Yon- Jumadi.

Setelah menang di MK, selanjutnya KPU Kota Tegal harus berhadapan dengan sidang di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) di Jakarta.

Selain ajukan gugatan ke MK, tim Habib Ali-Tanty juga mengajukan gugatan ke DKPP. Kubu tersebut menilai Ketua KPU Kota Tegal, Agus Wijonarko melanggar kode etik sebagai penyelenggara pemilu.

"Ya memang masih belum selesai semuanya. Masih ada sidang kode etik di DKPP," kata Komisioner KPU Kota Tegal, Thomas Budiono, Selasa (18/9/2018).

Nomor register aduan itu 206/DKPP-PKE-VII/2018. Dengan pengadu tim hukum paslon Habib Ali- Tanty (Hati).

Ketika ditanya apakah penetapan pemenang Pilkada Kota Tegal terpengaruh dengan belum rampungnya sidang di DKPP, Thomas menuturkan hal tersebut tentu saja berpengaruh.

"Pastinya berpengaruh. Makanya nanti kami akan mengadakan rapat penentuan tanggal pelaksanaan penetapan pemenang," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved