Dishub Kota Semarang Bakal Terapkan Sistem Parkir Berlangganan Mulai 1 November

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang segera menerapkan sistem parkir berlangganan di seluruh ruas jalan Kota Semarang.

Dishub Kota Semarang Bakal Terapkan Sistem Parkir Berlangganan Mulai 1 November
Istimewa
Dishub Kota Semarang dan Polsek Semarang Tengah merazia parkir di Jalan Depok Kota Semarang, Kamis (16/11/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang segera menerapkan  sistem parkir berlangganan di seluruh ruas jalan Kota Semarang.

Sistem parkir ini dianggap sebagai solusi mengatasi kemacetan lalu lintas dan parkir liar di Kota Semarang.

Selain itu, juga untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor parkir umum.

Kepala Dishub Kota Semarang, M Khadik mengungkapkan rencananya penerapan sistem tersebut akan diberlakukan mulai 1 November 2018.

"Saat ini kami terus melakukan persiapan dalam rangka mewujudkan rencana itu. Sebab, kami melihat pertumbuhan jumlah kendaraan tidak sebanding dengan pertumbuhan jalan. Akibatnya terjadi kemacetan. Selain itu, banyaknya parkir liar di jalan-jalan. Karena itu solusinya adalah parkir berlangganan," kata Khadik, Rabu (19/9/2018).

Selain untuk mengatasi persoalan kemacetan, parkir berlangganan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor retribusi parkir umum.

Pada 2018 ini, Dishub ditargetkan mampu menyetor Rp 15 miliar dari sektor parkir tersebut. Hanya saja, sampai September ini baru tercapai sekitar Rp 2 miliar saja.

"Sektor retribusi parkir di kami itu kan terus meningkat. Tahun ini target kami naik menjadi Rp 15 miliar. Kemudian proyeksi target PAD pada 2019 mendatang jadi Rp 115 miliar. Salah satu cara jitu untuk meningkatkan pendapatan adalah dengan menggunakan sistem parkir berlangganan," jelasnya.

Ia memaparkan, parkir berlangganan ini akan mengatasi persoalan kemacetan di Kota Semarang yang disebabkan parkir liar.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved