Breaking News:

Lowongan Kerja

Info CPNS 2018, Pemkot Salatiga Dijatah 283 Formasi, Besok Diumumkan Websitenya

Info CPNS 2018, Pemkot Salatiga Dijatah 283 Formasi, Besok Diumumkan Websitenya

Penulis: deni setiawan
Editor: iswidodo
tribunjateng/dok
Wali Kota Salatiga Yuliyanto meminta kepada masyarakat khususnya Salatiga untuk dapat memanfaatkan kesempatan yang ada 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Pemkot Salatiga melalui Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKDiklatda) Kota Salatiga bakal mengumumkan website resmi formasi penerimaan calon pegawai negeri (CPNS) Tahun 2018 Kota Salatiga, Kamis (20/9/2018)

“Ini sedang kami persiapkan. Insya Allah alamat website resmi terkait CPNS 2018 Kota Salatiga kami umumkan besok, Kamis (20/9/2018) pagi,” kata Kepala BKDiklatda Kota Salatiga Muthoin kepada Tribunjateng.com, Rabu (19/9/2018).

Dia menyampaikan, pada tahun ini dalam proses penerimaan CPNS pihaknya memperoleh alokasi dari Pemerintah Pusat sekitar 283 formasi. Dimana jumlah tersebut dibagi menjadi bidang penempatannya.

“Secara rinci, sekitar 149 untuk tenaga pendidik (guru), 83 tenaga kesehatan, dan 50 tenaga teknis. Dilihat dari pembagiannya, memang formasi yang mendominasi adalah guru. Karena disesuaikan dengan prioritas program di pusat yakni pada pendidikan dan kesehatan,” tuturnya.

Menurutnya, dari sisi alokasi yang diperoleh dinyatakan pihaknya memang tidak sesuai yang diinginkan atau yang pernah diusulkan. Sebelumnya, mengajukan usulan untuk membuka sekitar 414 formasi. Tetapi yang disetujui hanya sekitar 283 formasi.

“Dan yang perlu dipahami, seluruh mekanisme pendaftarannya dilakukan secara online, tidak manual. Karena itu, diharapkan jangan mudah terbujuk rayuan oleh oknum tertentu yang hendak memanfaatkan situasi ini,” bebernya.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, lanjut Muthoin, pendaftaran termasuk informasi apa saja yang harus dilengkapi sebagai syarat, bakal disampaikan secara jelas melalui website resmi penerimaan CPNS 2018 Kota Salatiga.

“Termasuk akan ada penjelasan detail tentang waktu serta tempat pelaksanaan tes. Adapun tes seleksinya diinformasikan menggunakan metode computer assisted test (CAT). Untuk lain-lainnya seperti kebijakan semua yang menangani tim dari pusat. Kami hanya pelaksana di lapangan,” tuturnya.

Terpisah, Wali Kota Salatiga Yuliyanto meminta kepada masyarakat khususnya Salatiga untuk dapat memanfaatkan kesempatan yang ada. Namun diharapkan pula dapat disesuaikan dengan kemampuan atau ilmu pendidikan yang dimilikinya sehingga bakal memperoleh peluang lebih besar.

“Yang tidak kalah pentingnya. Dalam pendaftaran penerimaan CPNS 2018 ini, kami berdoa tidak ada yang menjadi korban penipuan. Kami minta agar calon pendaftar bisa lebih waspada, mawas diri, tidak mudah tergoda bujukan rayu orang yang menawarkan untuk membantu, apalagi hingga memastikan diterima,” tandasnya.

Menurutnya, tidak ada yang bisa menjamin apalagi memastikan siapapun bakal diterima. Semua ada proses atau tahapan yang harus dilewati. Apalagi hingga harus ada kewajiban membayar nominal tertentu agar langsung diterima sebagai PNS.

“Kalau ada tawaran seperti itu, laporkan saja kepada kami atau aparat penegak hukum –kepolisian--. Karena dapat kami pastikan itu tidak benar. Kami saja tidak memiliki kewenangan untuk menentukannya. Semua kebijakan ada di pusat,” ucap Yuliyanto. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved