Kepala Badan POM Lepas Ekspor Perdana Tolak Angin Sido Muncul ke Filipina

PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk melakukan ekspor perdana produk unggulannya, Tolak Angin Cair ke Filipina

Kepala Badan POM Lepas Ekspor Perdana Tolak Angin Sido Muncul ke Filipina
Tribunjateng.com/Amanda Rizqyana
Penyerahan sertifikat Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) oleh Kepala BPOM, Penny Kusumastuti Lukito dan diterima olen Irwan Hidayat di Pabrik PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk Jalan Soekarno Hatta, Bergas, Kabupaten Semarang pada Kamis (20/9/2018) siang. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Amanda Rizqyana

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk melakukan ekspor perdana produk unggulannya, Tolak Angin Cair ke Filipina.

Seremonial dilaksanakan di Pabrik Sido Muncul, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah pada Kamis (20/9/2018) pagi yang ditandai pemotongan ronce melati dan pelepasan kontainer beruk 40 kaki high cube.

Turut hadir dalam seremonial tersebut, Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia Dr Ir Penny Kusumastuti Lukito, MCP, Atase kedutaan besar Filipina Ms. Buenoflor Cruz, Plt Kepala Balai POM Semarang Kepala Balai Karantina Semarang drh Wawan Sutian, MSi, Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Semarang Jatu Trimulyanti, dan Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat, Distributor Sido Muncul Filipina, dan sejumlah pejabat terkait.

Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat menjelaskan ekspor perdana Tolak Angin ke Filipina ini adalah bukti keberhasilan bahwa obat herbal asli Indonesia dapat diterima oleh negara lain.

"Keberhasilan Sido Muncul hingga hari ini tak lepas dari kepatuhan perusahaan menaati peraturan dari pemerintah dan Badan POM," ujarnya dalam sambutan yang disampaikan.

Irwan menambahkan ia berterima kasih pada Kepala BPOM yang sudah membantu dan memfasilitasi ekspor perdana Tolak Angin Cair hingga bisa terlaksana. Selain itu, Sido Muncul juga berencana melakukan ekspansi ke negara-negara lain.

Ia pun berharap Tolak Angin dapat didistribusikan secara merata hingga ke pasar mainstream.

Keinginannya tersebut karena ingin agar produknya semakin mudah dijangkau seluruh lapisan masyarakat di negeri jiran.

Selama ini Tolak Angin hanya dijajakan di pasar oriental atau pasar Asia atau pasar lndonesia ketika berada di luar negeri.

Demi meningkatkan kepercayaan masyarakat Filipina terhadap Tolak Angin, Sido Muncul membuat iklan dengan menggandeng artis sekaligus anak presiden ke-11 Filipina, Corazom Aquino, Kris Aquino sebagai brand ambassador. Iklan ini akan ditayangkan di TV lokal Filipina.

"Kris Aquino memiliki citra baik dan dapat menjadi good influencer bagi masyarakat di negaranya. Kami harap melalui Kris, masyarakat Filipina semakin mudah mengenal Tolak Angin dan dapat menerima produk-produk Sido Muncul. Apalagi masyarakat Filipina memiliki tradisi minum jamu yang hampir sama seperti masyarakat Indonesia," lanjut Irwan.

Di tengah kegiatan seremonial, BPOM RI memberikan sertifikat Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) untuk Sido Muncul. Sertifikat CPOTB diberikan karena produk Sido Muncul memenuhi persyaratan mutu yang ditetapkan oleh BPOM. Sertifikat diserahkan langsung oleh Kepala BPOM, Penny Kusumastuti Lukito dan diterima olen Irwan Hidayat. (*)

Penulis: amanda rizqyana
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved