Pengamat Polisi Beri Masukan ke Polantas Jelang HUT ke 69

Pengamat kepolisian Dr T Supriyadi memberikan beberapa kritikan kepada polisi lalulintas menjelang HUT lalulintas ke 69

Pengamat Polisi Beri Masukan ke Polantas Jelang HUT ke 69
TRIBUNJATENG/RIVAL ALMANAF/ist
Pengamat kepolisian Dr T Supriyadi memberikan beberapa kritikan kepada polisi lalulintas menjelang HUT lalulintas ke 69 pada tanggal 22 September mendatang. 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pengamat kepolisian Dr T Supriyadi memberikan beberapa kritikan kepada polisi lalulintas menjelang HUT lalulintas ke 69 pada tanggal 22 September mendatang.

Melalui sebuah keterangan tertulis pada Kamis, (20/9/2018) ia menyampaikan bahwa secara keseluruhan kinerja polantas sudah semakin baik.

"Meski demikian tetap ada catatan-catatan yang perlu dibenahi agar tugasnya semakin sempurna," kata Supriyadi.

Pria yang juga dosen Fakultas Psikologi Universitas Bhayangkara Jakarta itu menyebut salah satunya adalah menekan angka kecelakaan.

Setiap tahunnya data yang dirilis kepolisian menampilkan bahwa angka kecelakaan menurun. "Tren itu harus dijaga, tahun 2016 jumlah kecelakaan saat musim mudik lebaran tercatat 4.550 kasus, sedang tahun 2017 menurun menjadi 3.168
kejadian. Korban meninggal pada periode sama tahun 2016 mencapai 1.261 orang, sedang tahun 2017 turun menjadi 742 orang," bebernya.

Hal lain menurutnya yang harus diperhatikan adalah menghukum anggota nakal.
Korp lalulintas juga harus bisa mempersempit ruang gerak anggota agar tidak melakukan tindakan tidak terpuji, misalnya pungli seperti yang terjadi di Kediri Jawa Timur.

Cara yang bisa dilakukan adalah meningkatkan kualitas SDM, dengan cara menugaskan anggota yang memiliki kualitas individual sehingga nantinya mampu meningkatkan pelayanan dan kepercayaan masyarakat.

Meski demikian untuk mewujudkan hal itu harus ada peran serta masyarakat dan pengguna jalan.

"Peran masyarakat cukup penting, semakin kritis semakin paham peran polisi juga akan meminimalisir tindakan negatif yang dilakukan anggota di lapangan," pungkasnya. (*)

Penulis: rival al-manaf
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved