Apa Kabar Avanza, Masih Pakai Mesin Penggerak Roda Belakang?

Meski banyak konsumen mendesak pembaruan untuk Avanza segera dihadirkan, termasuk soal penggeraknya, Toyota tetap pada pilihan

Apa Kabar Avanza, Masih Pakai Mesin Penggerak Roda Belakang?
tribunjateng/ist
Meski banyak konsumen mendesak pembaruan untuk Avanza segera dihadirkan, termasuk soal penggeraknya, Toyota tetap pada pilihan penggerak roda belakang. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Beragam produk Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) saat ini hadir dengan penggerak roda depan atau FWD.

Toyota dengan produk Avanza masih bertahan dengan pilihan penggerak roda belakang atau RWD.

Meski banyak konsumen mendesak pembaruan untuk Avanza segera dihadirkan, termasuk soal penggeraknya, Toyota tetap pada pilihan penggerak roda belakang.

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto menjelaskan semua bergantung pada kebutuhan masing-masing negara.

"Jika punya infrastruktur yang sudah maju, jalan mulus, penggerak roda depan bisa jadi pilihan. Tapi di Indonesia, negara yang berkembang infrastrukturnya sedang dibangun, kita harus menunggu waktu semua kendaraan akan menjadi penggerak roda depan," ucap Soerjo dilansir Kompas.com, Kamis (20/9) kemarin.

Soerjo mencontohkan, kondisi jalan daerah luar pulau Jawa masih ada yang belum begitu bagus. Pemilihan FWD atau RWD, menurut dia masing-masing memiliki plus dan minusnya.

Kendaraan berpenggerak roda belakang memiliki keuntungan seperti kabin yang lebih luas, mampu membawa banyak barang serta lebih unggul di tanjakan. Namun demikian, Soerjo juga mengakui ada keunggulan dari penggerak roda depan seperti akselerasi yang lebih cepat.

Sementara soal kesempatan teknologi FWD diberikan di model MPV Toyota, hal itu memungkinkan. Sienta salah satu contohnya.

"Namun kembali, semuanya tinggal pilihan. Kita mau membidik target yang mana. Semuanya bisa karena Toyota terus mempelajari kemungkinan-kemungkinan yang ada termasuk spesifikasi kendaraan. Semua dipelajari," ucap Soerjo.

Sedangkan terkait pasar, Avanza masih jadi salah satu pemain yang disegani.

Halaman
12
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved