Kabupaten Boyolali Segera Miliki Monumen Tumpeng Merapi Sebagai Ikon Terbaru

Hingga saat ini, Monumen Tumpeng Merapi masih dalam tahap pengerjaan dan penyelesaian.

Humas Pemkab Boyolali
Pembangunan Monumen Tumpeng Merapi di Boyolali, Jumat (21/9/2018). 

TRIBUNJATENG.COM, BOYOLALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali saat ini sedang berupaya untuk menata sekaligus mempercantik beberapa ikon di Kota Susu.

Beberapa ikon telah dipercantik dengan cara disulap kembali menjadi baru maupun membuat ikon baru yang benar benar menggambarkan Kabupaten Boyolali.

Sebentar lagi, tepatnya di persimpangan Tegalwire atau di depan Museum R. Hamong Wardoyo yang saat ini sedang dilakukan pengerjaan sebuah monumen sebagai salah satu ikon terbaru Boyolali.

Monumen yang akan diberi nama Monumen Tumpeng Merapi yang akan berada di sebelah utara Jalan Solo – Semarang.

“Pembangunan Monumen Tumpeng Merapi ini bertujuan untuk menata dan mempercantik ikon Kabupaten Boyolali,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Boyolali, Totok Eko YP saat ditemui di ruang kerjanya pada Jumat (21/9/2018).

Baca: SmartCity Boyolali Terima Kunjungan dari Pemerintah Kabupaten Purbalingga

Dirinya menjelaskan bahwa pemilihan lokasi yang berada di sebelah jalur jalan raya agar dapat menarik perhatian pengguna jalan yang melintasi kawasan tersebut.

“Monumen ini menggunakan anggaran sebesar Rp 952.494.000 dimana bangunannya menggunakan baja dan fiber yang dikerjakan selama empat bulan dari Juli hingga Oktober,” terangnya singkat.

Hingga saat ini, Monumen Tumpeng Merapi masih dalam tahap pengerjaan dan penyelesaian.

Secara visual, monumen ini berbentuk kerucut menyerupai tumpeng sesuai dengan namanya. Permainan warna di setiap tingkatan juga memberi sentuhan tersendiri.

Terdapat lima tingkatan dimana setiap tingkatan diberi lingkaran yang berbeda warnanya.

Ada warna hijau, kuning, biru, merah dan ungu dan disertai dengan hiasan dedauan yang berwarna warni juga menghiasi tumpeng.

Selain permainan warna warna di bagian Monumen Tumpeng Merapi, monumen ikon baru ini akan dimanjakan dengan permainan cahaya di malam hari untuk menambah kesan futuristik pada ikon terbaru Kabupaten Boyolali ini. (*)

Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved