Breaking News:

KPU Batang Coret Tiga Bacaleg, dan Tetapkan 385 DCT Calon Legislatif

Tiga Bacaleg tersebut diketahui berasal dari Partai PAN Dapil 5, PKB Dapil 3, dan PPP dari Dapil 1.

Penulis: dina indriani | Editor: suharno
KPU Batang Coret Tiga Bacaleg, dan Tetapkan 385 DCT Calon Legislatif
kpu.go.id
Logo KPU

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang telah menetapkan 385 daftar calon tetap (DCT) legislatif dari 14 parpol melalui apat pleno internal di ruang KPU Batang, Kamis (20/9/2018).

Dari jumlah DCT tersebut, terdapat tiga Bacaleg yang sebelumnya masuk dalam Daftar Calon Sementara (DCS) dipastikan tidak masuk dalam DCT.

Dihubungi Tribunjateng.com, Komisioner Devisi Teknis KPU Batang Gunadi Fitrianto mengungkapkan tiga Bacaleg yang tidak masuk dalam DCT dikarenakan dua bacaleg mengundurkan diri, dan satu Bacaleg Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

"Kemarin sudah ditetapkan Bacaleg yang masuk dalam DCT berjlah 385 orang, sebelumnya tercatat Bacaleg dalam DCS adalah 388 orang sehingga ada tiga Bacaleg yang tidak masuk dalam DCT karena dua Bacaleg mengundurkan diri dan satu Bacaleg tidak melengkapi berkas syarat calon SK pemberhentian sebagai Kepala Desa," terangnya, Jumat (21/9/2018).

Tiga Bacaleg tersebut diketahui berasal dari Partai PAN Dapil 5, PKB Dapil 3, dan PPP dari Dapil 1.

"Sesuai mekanisme, yang berhak mengajukan pencabutan partai bersangkutan. Dan ketiganya telah dicabut pencalonannya oleh partai dari mereka berasal," jelasnya.

Baca: Dalam Sepekan Terakhir, Pemohon SKCK di Polres Batang Membludak

Dari jumlah Bacaleg yang sudah ditetapkan terdapat enam kepala desa, satu ASN dan satu BPD serta satu pegawai BUMD, dari semua itu sudah menyerahkan SK pemberhentian dari Bupati Batang, sehingga seluruh persyaratan dinyatakan memenuhi syarat.

Setelah masuk DCT, maka seluruhnya sudah resmi menjadi calon legislatif DPRD Kabupaten Batang dalam pemilu 2018, nama dan asal parpol serta dapil diumumkan melalui media masa cetak dan elektronik mulai 21-23 September 2018.

Untuk tahapan selanjutnya yaitu masa kampanye yang dimulai 3 hari setelah penetapan DCT atau mulai 23 September sampai dengan 14 April 2019. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved