Breaking News:

Begini Desain Baru Tugu Batas Kabupaten Kendal di Kaliwungu

Pemkab Kendal membangun tugu batas kabupaten dengan desain yang baru. Proyek yang bernilai Rp 6,7 miliar ini milik Dinas Lingkungan Hidup

Penulis: Dhian Adi Putranto | Editor: galih permadi
TRIBUN JATENG/DHIAN ADI PUTRANTO
desain baru tugu batas kabupaten Kendal. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dhian Adi Putranto

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL- Pemkab Kendal membangun tugu batas kabupaten dengan desain yang baru. 

Pembangunan Tugu Batas Kabupaten Kendal dengan Kota Semarang di Kaliwungu sempat tertunda karena terjadi penolakan terhadap desain tugu tersebut.

Proyek yang bernilai Rp 6,7 miliar ini milik Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kendal.

Saat ini Proyek tersebut sedang tahap pembangunan pondasi. Nampak para pekerja tengah melakukan pengecoran pada pondasi bagian bawah tugu batas kabupaten Kendal itu.

Kasie Pertamanan dan Pemakaman DLH Kabupaten Kendal, Wahjuono Irwanto mengatakan perubahan desain itu dilakukan karena bentuk desain lama menggambarkan sebuah kendil (periuk) yang terbelah menjadi dua.

"Jadi pada desain lama, ada dua bagian bangunan tugu, yakni bagian utama yang terdiri dari tiga tugu utama berada di median jalan, dan bagian selanjutnya yakni bagian tepi jalan yang masing-masing tepi jalan berdiri tujuh buah tugu yang berbentuk separuh kendil. Hal itu mendapat penolakan karena seperti kendil yang terbelah dua," jelasnya, Senin (24/9)

Ia mengatakan pada perubahan desain yang baru, tugu yang berbentuk separuh kendil itu diganti dengan bentuk orang yang memperagakan ibadah solat yakni gerakan duduk tahiyat yang menghadap ke dalam jalan, sedangkan tugu utama tetap mempertahankan dari desain lama.

Desain pada tugu utama yakni sebuah tugu yang memiliki tinggi 12 meter dengan bagian puncaknya terdapat sebuah kendil dan dikelilingi oleh ranting pepohonan yang melambangkan pohon khas kabupaten Kendal yakni pohon Kendal

Wahjuwono menambahkan Proyek yang dikerjakan dari bulan agustus hingga desember ini nantinya akan menggantikan fungsi gerbang selamat datang kabupaten Kendal yang berada di perbatasan kabupaten Kendal dan Kota Semarang.

"Gerbang selamat datang yang lama juga akan dihilangkan selain aturan dari permen PU yang melarang bangunan yang melintang di jalan , hal itu juga karena terdampak pelebaran exit tol mangkang," terangnya.

Saat dikonfirmasi, Bupati Kendal Mirna Annisa mengatakan pembangunan tugu tersbeut juga mendeskrisikan karakter warga Kabupaten kendal yang selalu mengedepankan beribadah dalam melaksanakan kehidupan sehari harinya.

"Selain itu, Tugu itu menggambarkan secara singkat sejarah dan asal mula pemberinamaan kabupaten Kendal," jelasnya.(*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved