Pemilu 2019

KPU Solo Musnahkan 1.016 Kotak Suara

Sebanyak 1.016 kotak suara Pilgub Jateng dimusnahkan KPU Solo, Senin (24/9/2018). Adapun isi kotak suara itu dikeluarkan

KPU Solo Musnahkan 1.016 Kotak Suara
tribunjateng/akbar hari mukti
Sebanyak 1.016 kotak suara Pilgub Jateng dimusnahkan KPU Solo, Senin (24/9/2018). Adapun isi kotak suara itu dikeluarkan dan dipilah arsip yang masih dapat digunakan atau sudah tak bisa digunakan lagi. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Sebanyak 1.016 kotak suara Pilgub Jateng dimusnahkan KPU Solo, Senin (24/9/2018). Adapun isi kotak suara itu dikeluarkan dan dipilah arsip yang masih dapat digunakan atau sudah tak bisa digunakan lagi.

Komisioner KPU Solo Divisi Logistik dan Keuangan, Suryo Baruno menjelaskan bahwa ada sejumlah arsip tak terpakai.

Misalnya surat suara dan formulir yang pihaknya kumpulkan dan musnahkan.

"Sisanya, arsip seperti formulir C2, C5 dan berkas yang masih bisa digunakan akan disimpan. 1.016 kotak suara juga bakal dimusnahkan," jelasnya.

Menurut Suryo, pemusnahan ini dilakukan karena perintah KPU Jateng untuk membuka dan mengosongkan isi kotak suara per tanggal 28 Agustus 2018.

"KPU Jateng memberi mandat keluarkan isi kotak suara setelah Pilgub Jateng 2018. Gubernur terpilih bertugas hingga hasil pemungutan suara harus dirapikan," paparnya.

Dirinya menuturkan, pemusnahan surat suara dan barang lainnya akan ditimbang dahulu.

Pemusnahan tak dilakukan dengan cara dibakar, tetapi dilelang setelah izin pelelangan kantor arsip diberikan.

"Saat ini kami kumpulkan, selanjutnya ditimbang sekaligus menghitung jumlah dan berat yang harus dilaporkan kepada kantor arsip.

Setelah disetujui barang-barang tersebut dimusnahkan di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Solo," urai dia.

Ada 408 ribu surat suara yang nantinya dimusnahkan. Kotak suara aluminium akan dibongkar dan masuk ke daftar pemusnahan. Hal itu, papar Suryo, untuk menyiapkan pileg dan pilpres 2019.

Lebih lanjut, Suryo mengatakan, pada pileg dan pilpres 2019 mendatang, kotak suara akan berbentuk baru. Rencananya kotak suara itu berbahan dasar karton sehingga dapat didaur ulang.

"Kotak suara yang digunakan berbeda dari sebelumnya dan menggunakan barang baru. Saat ini Solo memiliki 1.732 (Tempat Pemungutan Suara) TPS, sehingga pengadaannya nanti menunggu keputusan dari KPU Provinsi," jelasnya. (*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved