Breaking News:

2 Kuliner Legendaris Kota Semarang, Ganjel Rel dan Kopi Arab, Pernah Coba?

Menikmati kuliner legendaris merupakan hal yang sudah cukup sulit kita jumpai di zaman modern ini

Editor: muslimah
Audita/Pingki
Suasana Pasar Sentiling pada malam hari di Festival Kota Lama 2018. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Menikmati kuliner legendaris merupakan hal yang sudah cukup sulit kita jumpai di zaman modern ini.

Festival Kota Lama yang diselenggarakan selama 4 hari sejak tanggal 20-23 September 2018 kemarin, menyuguhkan berbagai pameran dan hiburan menarik.

Festival Kota Lama ke-7 yang mengusung tema ‘Satu Masa Beda Rasa’ ini juga membuat pengunjung dibawa ke suasana yang lawas.

Salah satunya yaitu sajian Kuliner Legendaris khas Semarang seperti Ganjel Rel dan Kopi Arab yang merupakan hasil perpaduan multikultural yang ada di Semarang.

Ganjel Rel

Kue Ganjel Rel merupakan kue legendaris khas Kota Semarang yang ditampilkan pada Festival Kota Lama 2018.
Kue Ganjel Rel merupakan kue legendaris khas Kota Semarang yang ditampilkan pada Festival Kota Lama 2018. (Audita Widya .P dan Pingki Setiyo .A)

Ganjel Rel merupakan salah satu kue tradisional Semarang yang memiliki rasa yang khas karena menggunakan bahan rempah-rempah. Karena itulah Ganjel Rel memiliki rasa dan bau rempah yang kuat.

Irfa, salah satu penjual Ganjel Rel di Festival Kota Lama, mengatakan bahwa sejarahnya Kue ini memiliki tekstur yang keras sehingga disebut sebagai kue ‘Ganjel Rel’ yaitu seperti besi pada rel kereta api yang keras.

Sesuai dengan namanya, kue Ganjel Rel ini memang cocok untuk mengganjal perut yang lapar.

Selain itu, konon kue Ganjel Rel dipilih untuk memperingati tradisi Dugderan karena makna filosofi yang terkandung didalamnya dan sekaligus mengangkat jajan pasar tradisional agar tidak terlupakan.

“Untuk penikmatnya sebenernnya untuk kalangan anak muda kurang ya. Kebanyakan si orang tua, dan anak muda malah biasanya suka bilang ‘ini roti mbahku loh’ malah biasanya lebih sering beli buat orangtuany,.” kata Irfa ketika ditanya tentang peminat Ganjel Rel, Jumat (20/9/2018).

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved