20 Start Up Terbaik Asal Yogyakarta Terpilih Dalam Gelaran Telkomsel The NextDev Talent Scouting

Tito Anindito menambahkan, para juri tersebut nantinya akan memilih mana saja startup terbaik di tiap kota

20 Start Up Terbaik Asal Yogyakarta Terpilih Dalam Gelaran Telkomsel The NextDev Talent Scouting
Istimewa
Pembukaan dan registrasi ulang dalam pembukaan The NextDev Talent Scounting di Yogyakarta, Kamis (27/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA -  PT Telkomsel kembali menggelar The NextDev Talent Scouting pada tahun ini. Itu adalah ajang pencarian serta pengembangan startup teknologi di Indonesia. Melalui program itu, Telkomsel mengajak para pengembang startup menghadirkan dampak sosial positif bagi masyarakat Indonesia.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunjateng.com, Kamis (27/9/2018), General Manager Sales Region Jawa Tengah dan DIY Retno Wardani memandang, karya dapat bernilai tinggi apabila mampu menghadirkan solusi bermanfaat bagi masyarakat secara lebih luas, khususnya di Indonesia.

“Melalui The NextDev tersebut, kami mendorong sekaligus memperkuat para kreator aplikasi untuk berpartisipasi dalam Talent Scouting agar mampu melahirkan inisiatif serta terobosan yang berdampak sosial lebih positif bagi kemajuan Indonesia,” kata Retno.

Dia menyampaikan, pada program yang telah berlangsung kali keempat ini dimaksudkan guna mewadahi potensi serta mendorong kontribusi positif generasi muda yang memanfaatkan teknologi secara tepat guna.

“Itu untuk berkreasi menghasilkan aplikasi digitan yang mampu mengatasi masalah di masyarakat. Terutama pada era serba digital seperti saat ini, generasi millennial, era Revolusi Industri 4.0,” ucapnya lagi.

Menurutnya, pada penyelenggaran di tahun ini, syarat utama aplikasi yang didaftarkan adalah harus mampu menghadirkan dampak sosial positif yang dapat membantu kehidupan masyarakat Indonesia.

“Beberapa contoh kategori sebagai dasar pengembangan solusi, yang merefleksikan berbagai bidang yang menyentuh aspek kehidupan masyarakat secara langsung. Di antaranya adalah pendidikan, pemerintahan, lingkungan, kesehatan, transportasi, pariwisata, energy, agrikultur, serta perdagangan,” bebernya.

Mereka, para peserta menurutnya, bakal mempresentasikan seluruh ide brilian dalam pitching daya periode April-Oktober 2018. Dimana pelaksanaannya di 7 kota. Yakni Surabaya, Semarang, Denpasar, Batam, Samarinda, Yogyakarta, dan Jakarta.

“Jurinya adalah Founder OMG Consulting Yoris Sebastian, Founder and CEO Layaria Network Dennis Adishwara, Founder Binar Academy Alamanda Shantika, Principal of ANGIN Valencia Dea, serta CEO KitaBisa.com Alfatif Timur,” tukas Retno.

Operational Support Corporate Communication Telkomsel Jateng-DIY Tito Anindito menambahkan, para juri tersebut nantinya akan memilih mana saja startup terbaik di tiap kota untuk kemudian diikutkan pada kompetisi Final Pitching Day di Jakarta pada Oktober 2018 mendatang.

“Persyaratan lain secara umum sama seperti di tahun-tahun sebelumnya. Seperti usia 18-30 tahun. Peserta dapat mendaftar secara individu atau tim. Untuk tim jumlahnya paling banyak adalah 3 orang. Pendaftarannya melalui thenextdev.id,” jelasnya.

Khusus di Yogyakarta, lanjutnya, 20 startup pilihan yang telah terpilih dari submission untuk kemudian mengikuti talent scouting di Yogyakarta adalah Design for Dream, Celengan Property, Neurafarm (Dr Tania), Teman Dokter, Artenov.

“Lunaz, Eclipse, Iven Frame, Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB), Wozmi, Naree, Neurabot, 1010 Dry, Cita Indonesia, To be Farm, Lift Up, Parooh, Kodi, Yoofix, dan terakhir adalah Farming ID,” ucapnya. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved