AIRPORT: AP I akan Tindak Tegas Oknum Yang Mencuri Barang Bagasi Penumpang

PT Angkasa Pura I akan menindak tegas oknum yang kedapatan mencuri barang bagasi milik penumpang di Bandara Jenderal Ahmad Yani.

AIRPORT: AP I akan Tindak Tegas Oknum Yang Mencuri Barang Bagasi Penumpang
Warta Kota/Andika Panduwinata
ILUSTRASI 

TRIBUNJATENG.COM,  SEMARANG -- PT Angkasa Pura I akan menindak tegas oknum yang kedapatan mencuri barang bagasi milik penumpang di Bandara Jenderal Ahmad Yani.

PTS Airport Security and Safety Departmen Head PT Angkasa Pura I Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang Celly Lewerissa menuturkan, pembagasian barang milik penumpang melewati beberapa tahap yakni pertama penumpang melaporkan barang yang dibagasikan saat check in counter.

Kemudian petugas check in counter menanyakan ulang barang yang akan dibagasikan terdapat barang berharga atau tidak.

" Jika terdapat barang berharga maka harap dikeluarkan. Hal itu dinformasikan kepada petugas check in," ujarnya, Rabu (26/9).

Setelah dinformasikan, lanjut Celly, barang tersebut baru diproses dimasukkan ke Baggage Handling System (BHS) untuk dilakukan pemeriksaan oleh petugas Aviation Security (Avsec). Pada BHS tersebut dimonitoring isi barang yang akan dibagasikan.

"Hal in bertujuan untuk memastikan agar tidak terbawa barang-barang yang membahayakan penerbangan," ujarnya.

Menurutnya, jika ditemukan barang berbahaya maka akan membawa barang itu dan dilakukan rekonsiliasi. Pemilik barang tersebut juga akan dipanggil oleh petugas Avsec.

"Dipanggil dengan maksud agar diketahui ada barang yang tidak boleh diangkut oleh pesawat udara. Nanti yang membuka penumpang di ruang rekonsiliasi, " terangnya.

Setelah barang milik penumpang dinyatakan aman, maka barang tersebut diangkut menuju pesawat. Namun saat pengangkutan barang tersebut ke pesawat, maka tanggung jawab beralih ke sekuriti airline (maskapai).

"Sekuriti maskapai tersebut mengawasi aktivitas muat di bagasi pesawat," tutur dia.

Halaman
123
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved