Lakukan Sidak, Tamzil Minta Saluran Air di Kawasan Padat Penduduk Segera Dibersihkan

Bupati Kudus Muhammad Tamzil melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di saluran Kramat yang terletak di Jalan Pemuda Kudus, Kamis (27/9/2018).

Lakukan Sidak, Tamzil Minta Saluran Air di Kawasan Padat Penduduk Segera Dibersihkan
Tribun Jateng/Rifqi Gozali
Bupati Kudus Muhammad Tamzil melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di saluran Kramat yang terletak di Jalan Pemuda Kudus, Kamis (27/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, KUDUSBupati Kudus Muhammad Tamzil melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di saluran Kramat yang terletak di Jalan Pemuda Kudus, Kamis (27/9/2018).

Dalam sidaknya, dia meminta agar saluran air agar dibersihkan dari segala semak yang menutupi dindingnya saluran. Sebab, saat puncak musim hujan karena aliran air terhampat bisa menyebabkan banjir.

“Ini harus segera dibersihkan, karena kalau tidak segera bisa berbahaya nanti kalau puncak musim hujan,” kata Tamzil.

Dari pantauan di lokasi, saluran yang melintas di tengah permukiman penduduk itu ditumbuhi banyak semak yang terdapat di dinding saluran air.

Selain itu juga terdapat sampah di dalam saluran yang memiliki lebar kurang lebih 4 meter dan dalam kurang lebuh 3 meter.

“Ini harus segera dibersihkan, besok saya cek lagi. Katanya (Kudus) dapat Adipura Kencana tapi kok kayak gini,” ujarnya.

Sementara saat ditanya mengenai pembentukan tim khusus yang bertugas membersihkan saluran air yang ada di Kudus, Tamzil megaku akan segera membentuknya.

Sejauh ini memang sudah ada tim khusus yang bertugas membersihkan sampah di bawah naungan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup (PKPLH).

“Namun tim yang bertugas untuk membersihkan aliran air atau sungai yang ada di kawasan permukiman memang belum ada. Akan segera dibentuk. Paling tidak nanti saluran air bisa bersih dan rapi,” kata dia.

Sementara Kepala Dinas PKPLH Kudus Agung Karyanto mengatakan, persoalan membersihkan saluran air akan segera dilakukan. Pihaknya juga akan menjalin koordinasi dengan bidang PSDA Dinas PUPR.

“Kami juga akan koordinasi dengan pemangku wilayah setempat,” kata dia.(*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved