Polres Kendal Kirim Mobil water Canon untuk Distribusi Air pada Warga

Kapolres Kendal, AKBP Adiwijaya, mengatakan, mobil water canon ini biasanya digunakan pengendalian massa yang sedang berkerumun.

Polres Kendal Kirim Mobil water Canon untuk Distribusi Air pada Warga
Tribunjateng.com/Dhian Adi Putranto
Kapolres Kendal salurkan air dari mobil water Canon kepada warga desa. 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL-- Demi membantu warga beberapa desa di Kabupaten Kendal yang tengah mengalami kekeringan akibat dari kemarau panjang, Polres Kendal mengirim mobil water canon untuk mendistribusikan air kepada warga, Jumat (28/9) siang.

Kapolres Kendal, AKBP Adiwijaya, mengatakan, mobil water canon ini biasanya digunakan pengendalian massa yang sedang berkerumun.

Namun di sisi lain mobil tersebut memang mempunyai fungsi lain yakni membantu warga yang mengalami krisis air sehingga mendapat air bersih untuk dikonsumsi maupun untuk aktivitas bersih-bersih sehari-hari.

"Mobil ini memang multifungsi. Sehingga selain untuk mengendalikan massa, dapat diperuntukan untuk kegiatan bakti sosial seperti ini," jelasnya

Ia mengatakan, pada pendistribusian itu ada tiga lokasi yang menerima bantuan air dari Polres Kendal. Satu diantaranya, yakni Dusun Sirowo, Desa Sidomakmur, Kaliwungu Selatan. Di wilayah itu, sudah dua bulan tidak turun hujan sehingga persediaan air bersih di tiap sumur milik warga menjadi berkurang.

"Saat ini juga kami juga tengah mencari lokasi-lokasi lain yang juga membutuhkan air bersih. Sampai musim penghujan tiba sehingga sumur milik warga sudah terisi," jelasnya

Sementara itu, seorang warga Dusun Sirowo, Sugito mengatakan, warga dusunnya kesulitan mendapat air bersih. Pasalnya air dalam sumur mereka mengalami menyusut dan tidak bisa dijangkau oleh pipa pompa air.

"Sumur sudah mengering," jelasnya

Ia mengatakan untuk mendapatkan air bersih dirinya pun harus meminta air kepada tetangga yang sumurnya dalam ataupun membeli air dari luar desanya. Bahkan tak jarang warga mencuci maupun mandi di sungai yang tak jauh dari desa itu.

"Adanya bantuan air ini cukup membantu dalam memenuhi kebutuhan air untuk beberapa waktu ke depan," pungkasnya. (*)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved