Petani Dieng Berburu Air Sampai ke Telaga Cebong

Musim kemarau memicu penyusutan sumber mata air di berbagai daerah, tak terkecuali di wilayah dataran tinggi Dieng

Petani Dieng Berburu Air Sampai ke Telaga Cebong
Tribunjateng.com/Khoirul Muzaki
Petani Dieng berburu air sampai ke telaga 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, WONOSOBO - Musim kemarau memicu penyusutan sumber mata air di berbagai daerah, tak terkecuali di wilayah dataran tinggi Dieng.

Telaga Cebong di Desa Sembungan, Kejajar Wonosobo pun ikut terdampak hingga debit air mengalami penyusutan cukup signifikan. Sebagian permukaan dasar danau sampai terlihat karena volume air mengering.

Maklum, saat musim kemarau seperti saat ini, telaga yang terletak di kaki bukit Sikunir itu selalu menjadi andalan warga yang kekurangan air.

Telaga Cebong menjadi satu di antara sumber air penting bagi masyarakat di wilayah dataran tinggi Dieng, khususnya petani.

Saat lahan pertanian kering karena tak ada hujan, masyarakat di Desa Sembungan tak kehilangan akal. Mereka tetap bisa mengairi lahan, lalu menanaminya dengan berbagai jenis tanaman. Telaga Cebong jadi andalan para petani untuk mencukupi kebutuhan air lahan mereka.

Telaga ini berfungsi sebagai tandon alami untuk mencukupi kebutuhan air masyarakat saat musim kering.

Puluhan mesin diesel memenuhi hamparan tanah di tepi telaga. Suara mesin-mesin yang menyala serentak itu menyatu hingga melahirkan deru cukup keras. Dari mesin pemompa itu, air dialirkan melalui ratusan pipa peralon menuju lahan-lahan pertanian warga.

"Itu untuk penyiraman tanaman,"kata Bukhori, warga Desa Sembungan Kejajar Wonosobo

Sekitar 250 Kepala Keluarga (KK) memanfaatkan mata air telaga untuk mencukupi kebutuhan lahan pertanian mereka. Dari lahan yang ditanami berbagai jenis tanaman itu, khususnya kentang, ekonomi warga bergantung.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved