Perempuan Penyebar Hoaks Gempa Jawa Ditetapkan sebagai Tersangka

Seorang ibu rumah tangga di Sidoarjo diamankan kepolisian setelah menyebarkan informasi hoaks gempa Jawa melalui Facebook.

Perempuan Penyebar Hoaks Gempa Jawa Ditetapkan sebagai Tersangka
Surya/Mohammad Romadoni
Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan (kanan) berbicara dengan UUF, perempuan asal Sidoarjo yang jadi tersangka penyebar hoaks. 

TRIBUNJATENG.COM - Seorang ibu rumah tangga di Sidoarjo diamankan kepolisian setelah menyebarkan informasi hoaks gempa Jawa melalui Facebook.

Gempa Jawa memang tengah menjadi perbincangan setelah beredarnya isu yang mengatakan akan ada gempa susulan di pulau Jawa.

Setelah terjadi gempa di Nusa Tenggara Barat dan Donggala serta Palu, banyak isu beredar jika Gempa Jawa akan terjadi setelahnya.

Momen inilah yang sering dimanfaatkan orang-orang tak bertanggungjawab untuk menyebarkan hoaks.

Termasuk seorang ibu rumah tangga berinisial UUF (25 tahun) yang ditangkap Tim Cyber Crime Polda Jawa Timur, Selasa (2/10/2018) malam.

Ia ditangkap setelah diduga kuat menyebar informasi hoaks terkait peristiwa gempa Jawa melalui akun Facebook miliknya.

Hoaks yang disebarkan ibu rumah tangga melalui facebook
Hoaks yang disebarkan ibu rumah tangga melalui facebook ()

Dalam status yang terunggah di akun Facebooknya, terdapat info akan terjadi gempa berkekuatan 8,9 skala richter di Pulau Jawa, khususnya di wilayah DKI Jakarta.

Ia juga menuliskan bahwa "LIPI memaswapadai akan terjadinya gempa dengan kekuatan skala besar khususnya di pulau Jawa beberapa waktu kedepannya"

Menurut info tersebut, gempa Jawa yang akan terjadi merupakan rangkaian dari gempa dan tsunami di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah.

Baca: LIPI Tegaskan Prediksi Akan Terjadi Gempa Besar di Pulau Jawa Hoaks

Tersangka meminta penduduk Bandung Utara dan Jakarta mewaspadai dan menyiapkan perbekalan untuk mengantisipasi bencana tersebut.

Halaman
12
Editor: m nur huda
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved