Panwas Baturraden Libatkan Masyarakat dalam Pengawasan Pemilu

Sosialisasi ini sekaligus sebagai tindakan pencegahan terjadinya pelanggaran-pelanggaran Pemilu.

Panwas Baturraden Libatkan Masyarakat dalam Pengawasan Pemilu
bawaslujateng.blogspot.com
Logo Bawaslu Jateng

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Baturraden, menggelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif, di Aula The Village Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (5/10/2018).

Kegiatan ini bagian dari upaya mengajak seluruh elemen masyarakat di Kecamatan Baturraden agar terlibat dalam pengawasan jalannya proses Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif dan presiden tahun 2019.

Ketua Panwaslu Kecamatan Baturraden, Edi Purwanto Nugroho, sosialisasi ini melibatkan berbagai elemen, mulai dari organisasi kemasyarakatan, lembaga swadaya masyarakat, organisasi keagamaan, organisasi pemuda, serta elemen masyarakat lainnya, adalah upaya mendongkrak partisipasi dalam rangka pengawasan Pemilu.

“Melalui pelibatan masyarakat, harapannya, proses demokrasi yang akan dilaksanakan berjalan sesuai dengan prinsip demokrasi, agar pemilu semakin berkualitas,” kata Edi.

Baca: Longsor Putus Jalan Penghubung antar Desa di Cilongok Banyumas

Sosialisasi ini sekaligus sebagai tindakan pencegahan terjadinya pelanggaran-pelanggaran Pemilu di Kecamatan Baturraden, sehingga Pemilu dapat dilaksanakan secara aman tertib lancar, damai.

Camat Baturraden Budi Nugroho mengajak seluruh elemen masyarakat terlibat dalam pengawasan mulai dari proses awal, saat kampanye hingga pelaksanaan Pemilu.

Peran masyarakat luas dalam mengawasi penyelenggaraan pemilu, diharapkannya mampu mengurangi pelanggaran pemilu. Melalui kesadaran masyarakat dan peserta pemilu untuk tidak melakukan pelanggaran pemilu.

Seluruh elemen masyarakat diharapkan selalu bersinergi dengan Panwaslu untuk melakukan pengawasan di setiap tahapan pengawasan pemilu.

Pengawasan Pemilu partisipatif ini dilatarbelakangi keterbatasan personal serta daya dukung dan kewenangan Panwaslu dalam menjalankan fungsinya.

Pengawasan partisipatif ini diharapkan akan menutupi kekurangan Panwaslu dalam mengawasi seluruh aspek dan tahapan pemilihan.

"Diharapkan seluruh masyarakat agar selalu bersinergi dengan Panwaslu Kecamatan Baturraden dengan melakukan pengawasan pada tiap tahapan Pemilu yang akan datang,” katanya. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved