Berbeda Pemilu Lainnya, DPT Pilkades Tidak Bisa Diubah Datanya

Pada Jumat (12/10/2018) mendatang, Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Pada Jumat (12/10/2018) mendatang, Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2018 diumumkan panitia di tiap desa yang menyelenggarakan pesta demokrasi tersebut.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kabupaten Semarang Aris Setyawan kepada Tribunjateng.com, Rabu (10/10/2018).

“Saat ini kami melalui seluruh panitia pilkades di 140 desa sedang menyelesaikan penyusunan serta penetapan DPS Pilkades Serentak 2018 Kabupaten Semarang. Penyusunan itu dilaksanakan 3 hari atau sejak kemarin, Selasa (9/10/2018),” tuturnya.

Menurutnya, itu adalah bagian dari tahapan-tahapan persiapan dalam pelaksanaan Pilkades Serentak 2018 itu. Sebelumnya, sudah dilaksanakan pemuktahiran daftar pemilih. Adapun yang menjadi dasar dalam penyusunannya adalah berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2018.

“Yang terpenting pada tahapan itu, tolong kepada seluruh masyarakat khususnya yang tinggal di desa penyelenggara Pilkades Serentak 2018 tersebut untuk dapat mencermati serta menelitinya,” pintanya.

Apabila ada salah data, terangnya, atau pula sebenarnya memiliki hak pilih namun belum ada dalam daftar, untuk segera melapor kepada panitia desa. Sesuai regulasi, DPS Pilkades Serentak 2018 tersebut hanya akan diumumkan selama 3 hari.

“Yakni mulai Jumat (12/10/2018) hingga Minggu (14/10/2018). Panitia akan mengumumkannya di tempat-tempat strategis. Satu di antaranya di papan pengumuman kantor desa setempat,” urainya.

Aris menerangkan, adapun regulasi yang dimaksud itu tertera secara jelas pada Pasal 15 Ayat 1 dan Ayat 2 Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Semarang Nomor 3 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Desa.

“Serupa seperti penyelenggaraan pesta demokrasi lainnya, DPS tersebut disusun dan diumumkan sebagai tahapan sebelum menyusunan DPT Pilkades Serentak 2018 Kabupaten Semarang,” tambah Kepala Dispermasdes Kabupaten Semarang Prayitno Sudaryanto.

Halaman
12
Penulis: deni setiawan
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved