Elang yang Diserahkan ke Lembaga Konservasi Linggoasri Berjenis Aviceda Jerdoni

Kepala BKSDA Jateng, Suharman saat dikonfirmasi menerangkan, sosialisasi terus dilakukan untuk melindungi dan melestarikan binatang dilindungi.

Elang yang Diserahkan ke Lembaga Konservasi Linggoasri Berjenis Aviceda Jerdoni
dok Polres Pekalongan
Elang Jawa yang ditangkap warga Desa Wonorejo Kabupaten Pekalongan, yang kini dipindahkan ke penangkaran di Linggoasri, Minggu (13/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Elang yang diserahkan ke Lembaga Konservasi Linggoasri Kabupaten Pekalongan oleh Polres Pekalongan, dinyatakan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jateng, merupakan jenis elang jerdon atau nama lainya aviceda jerdoni.

Kepala BKSDA Jateng, Suharman saat dikonfirmasi menerangkan, sosialisasi terus dilakukan untuk melindungi dan melestarikan binatang dilindungi.

"Kami selalu melakukan sosialisasi hingga ke pelosok desa, dan kini masyarakat teredukasi, karena kebanyakan takut terjerat hukum jika menangkap binatang dilindungi," katanya, Minggu (13/10/2018).

Pihaknya berharap, pemerintahan daerah sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah pusat, juga melakukan edukasi terkait bintang dilindungi agar terus lestari.

"Karena pemerintah daerah paling dekat dengan kawasan konservasi, kasus terakhir terkait bintang dilindungi terjadi di Kubumen, dan pelaku dijerat kurungan sekitar 4 bulan," jelasnya.

Suharman, sangat mengapresiasi kepedulian masyarakat Kabupaten Pekalongan dimana mau menyerahkan elang ke pihak berwajib.

Baca: Polres Pekalongan Serahkan Elang Jawa Tangkapan Warga ke Penangkaran Linggoasri

Duharmanmenambahkan, di kawasan Kabupaten Pekalongan masih banyak dan masih lestari jenis Elang Jawa, namun terkait jumlah data kami harus memastikan dengan membuka sempling yang sudah dilakukan.

"Yang paling terbaru ada di hutan Gunung Ungaran Kabupaten Semarang, di sana masih ada 17 elang jawa. Ked pan kami akan mendatangi lokasi penangkaran di Linggoasri untuk memastikan penangkapan yang dilakukan warga menggunakan jaring jenis apa," paparnya.(*)

Penulis: budi susanto
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved