Direktur RSUD Salatiga Miliki Strategi Guna Penuhi Kebutuhan Dokter Spesialis

Sayangnya, supplay (ketersediaan) dokter-dokter tertentu itu masih sedikit atau rendah.

Direktur RSUD Salatiga Miliki Strategi Guna Penuhi Kebutuhan Dokter Spesialis
ne
RSUD Salatiga website 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Salatiga dr Pamuji Eko Sudarko tidak menampik apabila selama ini masih kesulitan memperoleh dokter basic maupun dokter spesialis secara organik di beberapa ilmu kesehatan.

Secara umum pula, pihaknya tidak menampik apabila hingga pada masa akhir pendaftaran Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Lingkungan Pemkot Salatiga, belasan formasi yang dialokasikan dan sesuai kebutuhan, belum ada pendaftarnya.

“Untuk dokter-dokter tertentu, spesialis memang sulit memperoleh yang organik. Maksudnya bukan seorang pegawai negeri sipil (PNS). Dari sisi ketersediaan sebenarnya ada meskipun jumlahnya masih sedikit. Itupun harus berebut dengan rumah sakit lainnya,” terangnya kepada Tribunjateng.com, Senin (15/10/2018).

Baca: Beberapa Jam Penutupan Pendaftaran CPNS Salatiga, 20 Formasi Kosong Pendaftar

Dan yang dihadapi secara nyata di RSUD Salatiga selama ini, lanjutnya, demand (permintaan) cukup tinggi.

Sayangnya, supplay (ketersediaan) dokter-dokter tertentu itu masih sedikit atau rendah.

“Dari hasil penelusuran kami selama ini, dikarenakan dokter-dokter spesialis tersebut sebelum lulus sudah terikat kontrak kerja. Sudah dipesan dan difasilitasi terlebih dahulu di berbagai rumah sakit tertentu, khususnya di luar Pulau Jawa,” ucap dokter gigi tersebut.

Menurutnya, ketika mereka sedang menjalani studi dan misal tinggal 2 atau 1 tahun lulus studi kedokteran spesialis tersebut, sudah didatangi berbagai rumah sakit.

Termasuk juga rumah sakit swasta.

“Karena sudah terikat kontrak, mereka tidak bisa mendaftarkan diri sebagai CPNS. Itu satu di antara beberapa dilematik yang kami hadapi selama ini. Padahal, belasan dokter spesialis tersebut sangat kami butuhkan,” tandasnya.

Halaman
12
Penulis: deni setiawan
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved