Breaking News:

Siswi SLB Negeri Kendal Menjadi Juara 1 Lomba Desain Grafis Tingkat Nasional

Memiliki keterbatasan sejak lahir mungkin bukanlah yang diharapkan oleh Rahmayna Kentiasih (18), siswi SLB Negeri Kendal.

Penulis: Dhian Adi Putranto | Editor: Catur waskito Edy
dhian adi putranto
Rahmayna Kentiasih (tengah) bersama bupati Kendal Mirna Annisa 

Laporan wartawan Tribun Jateng Dhian Adi Putranto

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Memiliki keterbatasan sejak lahir mungkin bukanlah yang diharapkan oleh Rahmayna Kentiasih (18), siswi SLB Negeri Kendal. Di tengah keterbatasan itu tak membuat wanita warga Sukorejo, Kendal ini menjadi penghalang dirinya untuk menorehkan prestasi.

Ia yang saat ini menempuh pendidikan kelas 12 SMA itu ternyata memiliki prestasi yang tidak dapat dipandang remeh meski dirinya mengalami keterbatasan dalam mendengar. Rahma saat ini telah menjuarai beberapa kompetisi baik itu tingkat jawa tengah maupun tingkat nasional.

Kompetisi terakhir yang Rahma berhasil menjuarai yaitu lomba desain grafis tingkat nasional pada Festival Lomba Seni Siswa Nasional Sekolah Luar Biasa (FLS2N SLB) di Kepeluan Riau pada 23 Agustus lalu. Berkat karya Popup (seni kertas potong) bertemakan Kemerdekaan Indonesia itu menghantarkan Rahma menjadi juara satu pada kompetisi tingkat nasional itu.

"Sudah tertarik mendesain sejak kelas satu SMP, dan itu awalnya belajar sendiri melihat dari internet," ujar Rahma kepada Tribun Jateng menggunakan Sibi dibantu dengan gurunya, Widya Dwi Arumsari. Beberapa waktu yang lalu.

Wanita yang sebentar lagi akan menempuh Ujian Nasional tingkat SMA tersebut mengungkapkan ketertarikannya di dunia desain dimulai dari ketertarikannya dengan perangkat komputer.

Dirinya sering menggunakan perangkat komputer hingga lupa waktu karena ia gunakan untuk melihat video tutorial mendesain di situs YouTube.

"Desain yang pertama saya buat adalah logo dan poster. Desainnya menggunakan aplikasi Corel. Namun mau belajar lagi menggunakan aplikasi lainnya," terangnya

Ia pun tidak ingin bakatnya akan berhenti begitu saja. Ia pun bercita-cita untuk dapat menempuh pendidikan di perguruan tinggi dengan mengambil jurusan seni maupun desain untuk dapat mengembangkan bakatnya itu.

"Pastinya ingin lanjut kuliah, masih ingin mendalami dunia desain," ujar

Seorang Guru SLB Negeri Kendal, Widya Dwi Arumsari mengatakan bakat yang Rahma disambut dengan baik oleh pihak sekolah. Mengetahui ada muridnya yang berbakat pihak sekolah langsung memberikan pembinaan untuk mengembangkan bakatnya.

"Rahma sendiri murid yang mudah dalam memahami suatu hal yang baru. Untuk itu kami langsung ikutkan bimtek komputer," terangnya.

Pihak sekolah pun terus mendorong bakat Rahma dengan mengikuti sertakan Rahma dalam berbagai kompetisi komputer maupun kompetisi desain baik tingkat regional dan tingkat nasional.

"Banyak kejuaraan yang ia raih juara. Seperti, juara 1 lomba Teknologi dan Informasi tingkat provinsi Jateng, kemudian juara 1 lomba desain grafis tingkat jateng juga. Akhirnya dirinya dapat melanjutkan di tingkat nasional, namun di Tingkat nasional yang mendapat juara hanya juara 1 Desain Grafis," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved