Masih Temukan Sampah di Kota Semarang? Bisa Lapor DLH Melalui Silampah

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang meluncurkan aplikasi untuk mempermudah masyarakat melaporkan adanya sampah

Masih Temukan Sampah di Kota Semarang? Bisa Lapor DLH Melalui Silampah
TRIBUN JATENG/M ZAENAL ARIFIN
Kepala DLH Kota Semarang, Muthohar, memaparkan cara kerja Silampah kepada Pj Sekda Kota Semarang, Agus Riyanto, saat peluncuran aplikasi di kantor DLH Kota Semarang, Rabu (17/10/2018).

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dalam rangka peningkatan kualitas layanan sampah terhadap masyarakat, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang meluncurkan aplikasi untuk mempermudah masyarakat melaporkan adanya sampah di tempat pembuangan sampah (TPS) yang belum terangkut petugas.

Aplikasi yang diberi nama Aplikasi Lapor Sampah (Silampah) itu diluncurkan secara resmi oleh Pj Sekda Kota Semarang, Agus Riyanto, di Kantor DLH Kota Semarang, Rabu (17/10/2018).

Kepala DLH Kota Semarang, Muthohar mengatakan, kemajuan tekhnologi mengharuskan DLH untuk membuat terobosan baru untuk mempermudah layanan masyarakat.

Layanan tersebut berupa aduan adanya sampah yang belum diangkut truk petugas yang kemudian dibuang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang.

"Aplikasi ini menjadi wadah bagi masyarakat yang ingin melaporkan terkait adanya sampah di TPS yang belum terangkut. Dengan adanya aplikasi ini, masyarakat lebih mudah untuk melaporkan permasalahan sampah di lingkungannya," kata Muthohar.

Ia memaparkan, aplikasi Silampah dapat diunduh dari portal resmi Pemkot Semarang yaitu semarangkota.go.id. Dalam kanal tersebut, langsung dicari aplikasi Silampah dan bisa langsung menyampaikan laporannya.

Setelah menyampaikan laporan melalui Silampah, lanjut Muthohar, akan ditindaklanjuti oleh petugas yang ada di Command Center Silampah. Selanjutnya, petugas Command Center akan mengirimkan petugas di lapangan yakni sopir truk sampah untuk melakukan pengangkutan di wilayah sesuai laporan.

"Jadi nanti setiap hari ada yang jaga di kantor, dan itu nanti dibagi jadi 8 wilayah," imbuhnya.

Disinggung terkait target pengurangan sampah melalui aplikasi Silampah ini, Muthohar menjelaskan, dari aplikasi ini dapat mewujudkan Kota Semarang yang bersih.

Halaman
123
Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved