Rupiah Terdongkrak ke Level Rp 15.150 per Dolar AS

Di pasar spot, mata uang Garuda menguat 0,34 persen menjadi Rp 15.150 per dolar Amerika Serikat (AS).

Rupiah Terdongkrak ke Level Rp 15.150 per Dolar AS
Warta Kota/Hendry Lopulalan
Ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Berita positif dari dalam negeri seperti data neraca perdagangan serta data Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) masih mendongkrak rupiah secara teknikal dalam perdagangan Rabu (17/10/2018).

Di pasar spot, mata uang Garuda menguat 0,34 persen menjadi Rp 15.150 per dolar Amerika Serikat (AS).

Serupa, data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) juga menunjukkan peningkatan 0,18 persen ke level Rp 15.178 per dolar AS.

Data neraca perdagangan yang tercatat surplus US$ 230 juta pada September 2018 dipicu oleh sektor nonmigas yang menyumbang US$ 1,3 miliar.

Kepala Ekonom Bank Central Asia David Sumual mengatakan, dari luar negeri, penguatan rupiah juga didorong oleh pelemahan dolar akibat dari komentar dari Presiden AS Donald Trump dalam sebuah wawancara Selasa (16/10/2018) waktu setempat.

Mengutip dari Reuters, Trump merasa The Fed merupakan ancaman terbesar yang ia hadapi.

Sebelumnya, ia sempat mengkritik The Fed karena kenaikan suku bunga mengancam stabilitas perekonomian AS.

“Kalau dikritik atas keputusannya yang terus menaikkan suku bunga, lalu mengkritik harga minyak terlalu tinggi, maka tidak heran bila dollar sedikit melemah,” ujar David.

Sementara menurut Direktur Garuda Berjangka Ibrahim, pergerakan dolar AS juga ditentukan oleh respon AS terhadap kasus pembunuhan jurnalis penulis opini di harian The Washington Post, Jamal Khashoggi yang dilaporkan tidak terlihat lagi sejak memasuki kantor konsulat Arab Saudi di Istanbul pada Selasa (2/10/2018).

“AS dan Arab Saudi merupakan negara mitra dalam politik maupun ekonomi. Apakah nanti AS akan memberikan sanksi atau apa, pasar menunggu itu,” jelas Ibrahim.

Halaman
12
Editor: galih pujo asmoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved