Revitalisasi Tugu Nol Kilometer atau Penanda Adanya Jalan Pos di Pekalongan Segera Dimulai

Revitalisasi tugu nol kilometer Kota Pekalongan diresmikan langsung oleh Walikota Pekalongan Saelany Mahfudz.

Revitalisasi Tugu Nol Kilometer atau Penanda Adanya Jalan Pos di Pekalongan Segera Dimulai
Tribun Jateng/ Budi Susanto
Wali Kota Pekalongan Saelany Mahfudz meresmikan revitalisasi tugu nol kilometer dengan menggunting pita, Sabtu (20/10/2018).  

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Revitalisasi tugu nol kilometer Kota Pekalongan diresmikan langsung oleh Walikota Pekalongan Saelany Mahfudz.

Adapun tugu nol kilometer tersebut berada di Kawasan Budaya Jatayu, dan sudah ada sejak 1908 dan menjadi saksi sejarah adanya Jalan Pos Jawa.

Pemotongan pita di atas tugu berwarna putih dengan tinggi sekitar 1,5 meter tersebut, menjadi tanda revitalisasi titik nol kilometer Kota Pekalongan telah dilakukan.

Dikatakan Saelany usai melakukan pemotongan pita, tugu tersebut merupakan menjadi penanda sejarah Kota Pekalongan.

"Selain batik, tugu nol kilometer juga menjadi identitas Kota Pekalongan yang menjadi satu kesatuan sejarah Indonesia," katanya, Sabtu (20/10/2018).

Saelany berharap revitalisasi tugu nol kilometer menjadi bukti bahwa Kota Pekalongan merupakan satu di antara kota yang pernah berkembang pada masa kolonial.

"Tugu ini merupakan situs sejarah yang wajib dijaga keberadaannya, tak hanya sebatas penanda, kami berharap dengan adanya titik nol masyarakat Kota Pekalongan semakin cinta kepada Kota Batik," tutur Saelany.(*)

Penulis: budi susanto
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved