Masyarakat Kudus Diminta Waspadai TBC dan HIV

Sementara untuk HIV di Kudus sepanjang 2017 terdapat 171 orang dengan HIV-AIDS (ODHA), 26 orang di antaranya dinyatakan meninggal dunia

Masyarakat Kudus Diminta Waspadai TBC dan HIV
net
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Masyarakat Kudus diminta untuk mewaspadai tuberkulosis (TBC) dan HIV. Kedua penyakit mematikan itu tergolong penyakit menular yang bisa mengidap siapa saja.

Koordinator Komunitas Peduli TBC HIV Aisyiyah Kudus, Teguh Santoso mengatakan, temuan kasus TBC di Kudus pada tahun 2015 terdapat 955 kasus. Sedangkan pada tahun 2016 terdapat 955 kasus, untuk tahun 2017 terdapat 1351 kasus.

“Pada tahun 2018 pada triwulan kedua terdapat 767 kasus TBC di Kudus,” kata Teguh kepada Tribun Jateng, Minggu (21/10/2018).

Teguh mengatakan, penyakit menular jika semakin semakin cepat ditemukan, maka  semakin bagus, karena cepat pula mendapatkan pengobatan sehingga tidak berisiko menularkan kepada orang lain.

Sementara untuk HIV di Kudus sepanjang 2017 terdapat 171 orang dengan HIV-AIDS (ODHA), 26 orang di antaranya dinyatakan meninggal dunia.

“TBC dan HIV adalah infeksi opportunistik sehingga orang dengan kekebalan tubuh menurun sangat mudah sekali terinfeksi kuman TBC” kata Ketua Kaukus Masyarakat Anti-narkoba (Kauman) Kudus Eni Mardiyanti.

Mengapa TBC dan HIV? Menurut Teguh, kedua penyakit itu merupakan penyakit menular yang mematikan yang cara penularannya sangat mudah. Terutama TBC. Penyakit ini bisa menular melalui udara yang bisa menyerang siapa saja.

Adanya temuan kasus baik TBC maupun HIV, Teguh berharap seluruh lapisan masyarakat Kudus untuk selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Misalnya melalui olah raga dan mengonsumsi makanan bergizi.

“Untuk TBC bisa mencegahnya dengan memakai masker, memberikan ventilasi udara dan cahaya ke dalam rumah serta selalu waspada terhadap gejala utama batuk berdahak yang tidak kunjung sembuh dan memperkuat iman. Agar tidak terkena HIV bisa diantisipasi dengan setia terhadap pasangan,” kata dia.(*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved