Kirab Satu Negeri 2018

Tunjukkan Tingginya Nasionalisme, Banser Banyumas Kibarkan 17 Pataka di Puncak Gunung Slamet

Perwujudan semangat kebangsaan atau patriorisme ditunjukkan dengan beragam cara oleh para warga negara Republik Indonesia ini.

Tunjukkan Tingginya Nasionalisme, Banser Banyumas Kibarkan 17 Pataka di Puncak Gunung Slamet
Istimewa
Sejumlah personel Banser mengibarkan 17 bendera Merah Putih di puncak gunung tertinggi di Jawa Tengah, Gunung Slamet, yang masuk wilayah Kabupaten Banyumas, Senin (22/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG COM, BANYUMAS - Perwujudan semangat kebangsaan atau patriorisme ditunjukkan dengan beragam cara oleh para warga negara Republik Indonesia ini.

Seperti ditunjukkan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama (NU) yang memilih mengibarkan bendera merah putih di puncak gunung tertinggi di Jawa Tengah, Gunung Slamet.

Tim Kirab Satu Negeri (KSN) Zona Sabang, berhasil mendaki puncak Gunung Slamet, di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, tepat di peringatan Hari Santri Nasional, Senin (22/10/2018).

Di titik tertinggi gunung tersebut, mereka mengibarkan 17 bendera Merah Putih.

Untuk diketahui, Gunung Slamet yang memiliki ketinggian 3.428 meter dpl ini merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah, dan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru.

Pendakian ini ternyata didahului dengan prosesi penuh kesakralan.

Kasatkorcab Banser Banyumas, Andry Widyanto mengungkapkan, KSN dan 17 pataka zona Sabang, tiba di Banyumas pada 20 Oktober 2018 lalu melalui Kabupaten Tegal.

17 pataka itu selanjutnya dikirab menuju kediaman Rois Syuriah PCNU Banyumas KH Mughni Labib di Ponpes Al Ittihad Purwokerto.

Lalu diarak mengelilingi Purwokerto dengan melibatkan 1.500 personel Banser menuju Ponpes Darussalam Purwokerto.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved