Kota Salatiga Naik 1 Peringkat di Porprov Jateng, Pemkot Bakal Cairkan Bonus Atlet Rp 2,38 Miliar

Setidaknya total bonus yang harus dicairkan Pemerintah Kota Salatiga mencapai sekitar Rp 2,38 miliar.

Kota Salatiga Naik 1 Peringkat di Porprov Jateng, Pemkot Bakal Cairkan Bonus Atlet Rp 2,38 Miliar
Istimewa
Penutupan Porprov Jateng 2018 di Stadion Sriwedari Solo, Kamis (25/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Pemerintah Kota Salatiga mulai memproses pencairan dana bonus untuk para atlet berprestasi di ajang Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah XV Tahun 2018.

Setidaknya total bonus yang harus dicairkan Pemerintah Kota Salatiga mencapai sekitar Rp 2,38 miliar.

"Hari ini juga, kami langsung memproses pencairannya. Tentunya butuh waktu tetapi kami jamin tidak akan lama. Sebab ini adalah janji serta komitmen kami terhadap para atlet berprestasi, baik yang berhasil meraih medali emas, perak, maupun perunggu," ucap Wali Kota Salatiga Yuliyanto, Kamis (25/10/2018).

Baca: Kabupaten Pati di Posisi 7 Klasemen Akhir Porprov Jateng 2019, Bupati Haryanto Beri Apresiasi

Namun dirinya belum dapat memastikan kapan waktu maupun konsep penyerahannya.

Tetapi diutarakannya, seluruh bonus tersebut akan diserahkan bersamaan pembubaran Tim Kontingen Kota Salatiga dalam Porprov Jawa Tengah itu.

"Ya sesuai janji kami sejak awal. Kepada atlet yang meraih medali emas, kami berikan bonus senilai Rp 35 juta. Lalu Rp 25 juta untuk atlet peraih medali perak serta Rp 15 juta untuk atlet yang meraih medali perunggu. Data rekapitulasinya sudah ada, tinggal ditotal dan ini sedang proses kelengkapan administrasinya,” tuturnya.

Secara umum, lanjutnya, Pemkot Salatiga berterima kasih dan bersyukur atas raihan prestasi yang membanggakan dalam ajang Porprov Jawa Tengah itu.

Setidaknya pula, dari raihan itu, semakin menguatkan diri apabila Salatiga juga sebagai kota lahirnya para atlet berprestasi, sebagai spot centernya Jawa Tengah.

"Jika dilihat dari target, memang meleset. Targetnya 35 medali emas, yang diperoleh hanya 30 emas. Tetapi itu tidak masalah. Sebab, dari urutan, Salatiga naik 1 peringkat pada 2018 ini. Sebelumnya atau saat Porprov Jawa Tengah XIV di Banyumas pada 2013 silam, kami di posisi ke 7," bebernya.

Berdasarkan hitungan dari raihan medali Tim Kontingen Kota Salatiga dalam Porprov Jawa Tengah XV Tahun 2018, setidaknya Pemerintah Kota Salatiga harus mengeluarkan dana bonus kepada para atlet tersebut sekitar Rp 2.385.000.000 untuk 99 medali yang diperoleh tim.

Secara rinci, bonus Rp 35 juta untuk peraih medali emas.

Dimana pada pesta olah raga tingkat Jawa Tengah itu, Salatiga meraih 30 medali emas.

Total dana bonus yang diserahkan sekitar Rp 1.050.000.000. Lalu Rp 25 juta untuk peraih medali perak adalah Rp 750 juta (30 perak), serta Rp 15 juta peraih medali perunggu dimana totalnya Rp 585 juta (39 perunggu). (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved