Menurut Sekjen KPI, Peluang Caleg Perempuan di Salatiga Cukup Tinggi

Hal itu yang membuatnya tertarik datang ke Salatiga dan bertemu dengan mereka yang hendak berlaga.

Menurut Sekjen KPI, Peluang Caleg Perempuan di Salatiga Cukup Tinggi
Tribun Jabar
Aktris dan presenter Olla Ramlan hadir dalam pendaftaran Bacaleg Nasdem di KPU Jabar, Senin (16/7/2018).

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Sekretaris Jenderal Koalisi Perempuan Indonesia (Sekjend KPI) Dian Kartikasari mengatakan peluang para calon anggota legislatif (caleg) perempuan di Kota Salatiga cukup tinggi.

Hal itu yang membuatnya tertarik datang ke Salatiga dan bertemu dengan mereka yang hendak berlaga pada Pemilihan Legislatif (Pileg) Tahun 2019 mendatang.

Pihaknya bersama Pemkot Salatiga menggelar Pembekalan Pendidikan Politik Bagi Kader Perempuan Salatiga Pada Pileg 2019 di Ruang Kaloka Gedung Setda Jalan Letjend Sukowati Nomor 51 Kota Salatiga.

“Ini penting menurut kami. Sebab di kota ini, termasuk daerah dimana representasi politik perempuannya cukup tinggi. Silakan bisa dilihat dari data yang ada saat ini. Ada sekitar 6 anggota dari total 25 anggota DPRD Kota Salatiga itu diwakili sosok perempuan,” kata Dian kepada Tribunjateng.com, Kamis (25/10/2018).

Baca: Bawaslu Kudus Sebut Pemasangan Gambar Caleg di Angkutan Umum Melanggar Aturan

Data lain juga membuktikan, lanjutnya, di kota tersebut sesuai data yang diperoleh dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga, jumlah pemilih perempuan ternyata juga lebih banyak dibandingkan jumlah pemilih laki-laki.

“Pemilih perempuan ada sekitar 68.500 orang. Sedangkan yang pemilih laki-lakinya hanya sekitar 64.500 orang. Dari data itu setidaknya sebagai penanda apabila perempuan juga cukup ikut andil besar dalam setiap proses demokrasi di Kota Salatiga. Sehingga mengapa pula kami sampaikan, peluang mereka dalam pencalegan juga cukup tinggi,” terangnya.

Dia menyampaikan, yang dimaksud cukup besarnya peluang mereka untuk berlaga pada Pileg Tahun 2019 mendatang itu yakni dikarenakan untuk 1 kursi sebagai anggota DPRD Kota Salatiga, hanya diperebutkan 9 orang.

“Dari sisi keterwakilan perempuan dalam Pileg 2019 di Salatiga juga sudah lebih dari 30 persen. Total caleg di Salatiga ada sekitar 222 orang. Dari jumlah itu, ada sekitar 101 orang merupakan caleg perempuan dari berbagai partai politik peserta Pemilu 2019. Ini luar biasa. Angka partisipasi perempuan dalam politik, tinggi di kota ini,” terangnya.

Melalui rentetan data serta fakta itu, lanjutnya, yang mendasari pihaknya –KPI—mencoba untuk membekali para kader perempuan terkait dunia politik.

Halaman
12
Penulis: deni setiawan
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved