Porprov Jateng 2018

Anggaran Besar Prestasi Melorot, DPRD Banyumas Soroti Kejanggalan Penggunaan Dana

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2018 di Surakarta menempatkan Kontingen Banyumas di posisi peringkat ke-5.

Anggaran Besar Prestasi Melorot, DPRD Banyumas Soroti Kejanggalan Penggunaan Dana
Istimewa
Kontingen Banyumas dalam ajang Porprov di Solo. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS - Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2018 di Surakarta menempatkan Kontingen Banyumas di posisi peringkat ke-5. Banyumas hanya memperoleh 50 medali emas pada pesta olehraga tersebut.

Banyumas bahkan mengalami penurunan peringkat di banding capaian pada Porprov periode sebelumnya, 2013. Saat itu, kontingen Banyumas berhasil menempati peringkat 3 dengan 62 medali emas.

Perolehan medali emas kini bahkan jauh di bawah target. Padahal, sejak jauh sebelumnya, Koni Banyumas telah menggaungkan target perolehan 100 medali emas dalam ajang ini.

Maklum prestasi melorot jika dukungan pemeritah terhadap pengembangan atlet kurang. Tetapi di Banyumas tak demikian. Koni Banyumas terbilang lebih dimanjakan dibanding Koni di daerah lain dalam hal pembiayaan.

Tidak tanggung-tanggung, alokasi anggaran dari pos dana hibah di APBD tahun 2018 yang dikucurkan untuk KONI Banyumas bernilai cukup fantastis, Rp 28 miliar. Tak ayal, pengeluaran itu cukup menguras kas daerah.

Anggaran itu untuk mendukung keberhasilan kontingen Banyumas dalam ajang Porprov di Solo yang resmi ditutup Kamis (25/10) lalu.

Tetapi jauh panggang dari api. Hasil akhir perhelatan tersebut, Banyumas hanya menampati peringkat lima dengan perolehan 50 medali emas. Banyumas diungguli empat daerah lain di Jawa Tengah, yakni Surakarta, Semarang, Kudus dan Grobogan yang notabene memiliki anggaran lebih terbatas.

Tingginya alokasi anggaran namun minus prestaai ini menimbulkan pertanyaan besar.

Lebih dari itu, bagi Sekretaris Komisi D DPRD Banyumas yang membidangi urusan kepemudaan dan olahraga, Yoga Sugama justru menengarai ada kejanggalan.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved