Pemkot Solo Segera Revitalisasi Pasar Tunggulsari Solo

Pemkot Solo fokus merevitalisasi sejumlah pasar tradisional yang ada di wilayahnya. Salah satunya adalah Pasar Tunggulsari Solo.

Pemkot Solo Segera Revitalisasi Pasar Tunggulsari Solo
akbar hari mukti
Kepala Disdag Solo Subagiyo 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo fokus merevitalisasi sejumlah pasar tradisional yang ada di wilayahnya. Salah satunya adalah Pasar Tunggulsari Solo.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo, Subagiyo mengatakan, revitalisasi pasar Tunggulsari perlu dilakukan mengingat bangunan pasar dinilai tak lagi layak untuk aktivitas jual beli.

"Bangunannya lama. Kita harus membenahi bangunan pasar itu untuk menunjang kenyamanan pedagang dan pembeli," urainya, Sabtu (27/10/2018).

Pemkot Solo, papar Subagiyo, berencana merevitalisasi Pasar Tunggulsari tahun 2019 mendatang.

Disinggung terkait pembiayaan revitalisasi, Pemkot Solo telah memikirkan sejumlah alternatif pembayaran.

Di antaranya dana cadangan revitalisasi Pasar Klewer sisi timur yang dialokasikan dalam APBD 2019, sejumlah Rp30 miliar.

"Tapi harus diingat bahwa ini dana cadangan. Kita antisipasi bila pemerintah pusat tak membiayai revitalisasi Pasar Klewer. Kalau pemerintah pusat melelang proyek itu bulan depan, maka sebagian dana cadangan dialihkan untuk merevitalisasi Pasar Tunggulsari," katanya.

Menurutnya untuk merevitalisasi Pasar Tunggulsari membutuhkan dana hingga Rp10,5 miliar.

Lebih jauh ia mengatakan, terkait konsep revitalisasi Pasar Tunggulsari, pihaknya memadukan pasar dengan tanggul yang berada di dekatnya.

"Kami berencana membangun ulang Pasar Tunggulsari menjadi dua lantai. Nantinya ada akses penghubung tanggul dengan lantai dua pasar," urainya. (Ahm)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved