PT KAI Daop 5 Klaim Penumpang di Stasiun Prupuk Tegal Meningkat Setelah Dioperasikan

Setelah kembali beroperasi pada pertengahan Oktober 2018 lalu, Stasiun Prupuk Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal dipadati penumpang

PT KAI Daop 5 Klaim Penumpang di Stasiun Prupuk Tegal Meningkat Setelah Dioperasikan
Tribun Jateng/ Mamdukh Adi Priyanto
Pemimpin perjalanan kereta api di Stasiun Prupuk Kabupaten Tegal menyambut kedatangan kereta api, Selasa (30/10/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Setelah kembali beroperasi pada pertengahan Oktober 2018 lalu, Stasiun Prupuk Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal mulai dipadati penumpang yang naik atau pun turun.

Manajer Humas Daop 5 Purwokerto, Supriyanto, mengatakan sejak Stasiun Prupuk kembali melayani penumpang, antusias masyarakat di daerah tersebut cukup tinggi untuk naik dan turun di stasiun itu.

"Dari data yang masuk, rata- rata perhari penumpang yang naik di stasiun Prupuk sebanyak 15 orang," kata Supriyanto, Selasa (30/10/2018).

Secara total, kata dia, dihitung dari 18- 28 Oktober 2018 terdapat penumpang yang naik sebanyak 159 orang. Sedangkan penumpang turun sebanyak 87 orang.

Meskipun tidak sebanyak stasiun- stasiun yang sudah beroperasi dan melayani penumpang, namun, kata dia, hal tersebut menunjukan tren positif.

"Paling favorit yang banyak dinaiki yakni KA Kamandaka relasi Semarang- Purwokerto dan sebaliknya. Serta KA Sawunggalih Utama yang menuju Jakarta," terangnya.

Menurutnya, masih ada sejumlah warga yang bertanya langsung ke loket stasiun untuk memastikan apakah Stasiun Prupuk bisa melayani perjalanan penumpang atau tidak.

Supriyanto menuturkan belum maksimalnya pelayanan terhadap penumpang di Stasiun Prupuk lantaran nama stasiun tersebut belum masuk sistem.

"Meski sudah bisa naik atau turun di Stasiun Prupuk, namun pelayanan ticketing belum masuk sistem. Jadi belum begitu dikenal masyarakat dari wilayah lain," jelas Supriyanto.

Karena pelayanan tiket daring (online) untuk sementara waktu masih belum bisa di setel dengan nama Stasiun Prupuk, penumpang diberikan cara untuk mengatasinya saat hendak memesan atau membeli tiket KA untuk naik dan turun di Stasiun Prupuk.

- Penumpang tujuan Jakarta / Semarang, agar memasukan stasiun keberangkatan Stasiun Bumiayu. Sebaliknya juga begitu, dari Jakarta/ Semarang tujuan Prupuk, agar memasukan stasiun tujuan Bumiayu.

- Sedangkan untuk penumpang tujuan Purwokerto/ Cilacap/ Kutoarjo/ Jogja sampai Surabaya Gubeng, stasiun keberangkatan agar dicantumkan Stasiun Cirebon. Sebaliknya, penumpang dari arah Purwokerto tujuan Prupuk, agar mencantumkan stasiun Cirebon sebagai tujuan.

"Secara bertahap akan segera kami setting pada sistem pemesanan ticketing kereta," imbuhnya.(mam)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved